Selasa, 19 Oktober 21

Jokowi Diminta Teken Keppres Asian Games

Jokowi Diminta Teken Keppres Asian Games

Jakarta, Obsessionnews – Kementerian Pemuda dan Olahraga bersama Menko Bidang Pembangunan Manusia dan Kebudayaan melangsungkan acara rapat koordinasi dalam rangka persiapan Asian Games 2018 di kantor Menko PMK, Jakarta, Kamis (5/3/2015).

Rapat dipimpin oleh Deputi 5 Menko Bidang PMK, yang didampingi oleh Sesmenpora dan Ketua Umum KOI, dan dihadiri oleh para pejabat dairi KONI, KOI, Pemda Sumatera Selatan, DKI Jakarta, Jawa Barat dan Banten serta  seluruh perwakilan kementerian dan lembaga non kementerian yang instansinya akan terlibat langsung dalam persiapan pelaksanaan Asian Games tahun 2018 di Indonesia.

Dari hasil rapat tersebut, telah disepakati beberapa hal penting, yakni (1) meminta Presiden Joko Widodo menandatangani Draft Keppres paling lambat tanggal 20 Maret 2015, (2) meminta KOI memperjuangkan singkatan Indonesia Asian Games Organizing Committee (INASGOC) kepada OCA.

Meskipun OCA dalam suratnya yang disampaikan kepada Menpora pada tanggal 1 Pebruari 2015 di antaranya sudah menyebutkan rekomendasi penetapan beberapa venue dan cabang olahraga, namun demikian untuk selanjutnya harus segera ditetapkan dasar hukumnya dalam bentuk Peraturan Menpora.

Kemudian, (3) Pemda DKI Jakarta tetap mengusulkan taman BMW di Jakarta Utara sebagai salah satu venue untuk Asian Games 2015. (4) Fasilitas media center akan sepenuhnya ditangani oleh SDM Indonesia yang harus tetap menyesuaikan dengan standar berbasis olimpiade.

(5) Penetapan tempat kota pembukaan dan penutupan akan sepenuhnya ditentukan oleh Presiden RI. (6) Perlu adanya perbaikan komunikasi yang lebih intensif antara KOI dengan pihak Pemda terkait, khususnya Pemda Sumatera Selatan.

Kementerian Luar Negeri akan segera membantu sosialisasi logo Asian Games 2018 jika nantinya sudah ditetapkan. (Herdianto)

Related posts

Komentar

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Situs ini menggunakan Akismet untuk mengurangi spam. Pelajari bagaimana data komentar Anda diproses.