Jumat, 29 Mei 20

Jokowi: Darurat Sipil Kalau Terjadi Abnormal, Perangkatnya Kita Siapkan

Jokowi: Darurat Sipil Kalau Terjadi Abnormal, Perangkatnya Kita Siapkan
* Presiden Jokowi. (Foto: Setneg)

Jakarta, Obsessionnews.com – Presiden Joko Widodo mengatakan, darurat sipil hanya baru sebatas rencana. Kebijakan itu bisa diterapkan jika kondisi negara dalam bahaya.

Menurutnya dalam menghadapi permasalahan ini, pemerintah harus menyiapkan semua skenario, termasuk pemberlakuan status darurat sipil.

“Semua skenario kita siapkan dari yang ringan, moderat, sedang, sampai kemungkinan yang terburuk. Darurat sipil itu kita siapkan apabila terjadi kondisi abnormal. Perangkatnya kita siapkan,” ujar Jokowi dalam keterangan pers melalui sambungan konferensi video, Selasa (31/3/2020).

“Sekarang ini tentu saja tidak,” lanjut Jokowi.

Ia menambahkan, sejauh ini pemerintah pusat telah menerbitkan seperangkat aturan untuk memberlakukan pembatasan sosial berskala besar (PSBB).

Jokowi mengatakan, PSBB diberlakukan berdasarkan peraturan pemerintah (PP) dan keputusan presiden (keppres) yang telah ditandatanganinya.

“Mengenai PSBB baru saja saya tanda tangani PP-nya. Dan keppres-nya yang berkaitan dengan itu dan kita harapkan dari setelah ditandatangani PP dan keppres mulai efektif berjalan,” ujar Jokowi.

Jokowi pun berharap pemerintah provinsi, kabupaten, dan kota membuat kebijakan sesuai dengan undang-undang dan regulasi yang ada.

“Silakan berkoordinasi dengan Ketua Gugus Tugas. Agar semuanya kita memiliki sebuah atruan main yang sama, yaitu undang-undang, PP, dan keppres yang baru saja saya tanda tangani,” ucap dia. (Albar)

Related posts

Komentar

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.