Selasa, 23 April 24

Jokowi dan Prabowo Diharapkan Bisa Beri Contoh Pemilu Damai

Jokowi dan Prabowo Diharapkan Bisa Beri Contoh Pemilu Damai
* Pasangan Jokowi-Ma'ruf mendapat nomor urur 01, dan duet Prabowo-Sandi memperoleh nomor urut 02 pada Pilpres 2019. (Foto: KPU RI)

Jokowi-Ma’ruf Unggul di Survei

Survei internal PDI-P menyebutkan elektabilitas Jokowi masih unggul 20 persen dibandingkan Prabowo. Hal itu disebabkan publik puas atas kinerja Jokowi.

“Dari survei internal, Jokowi masih unggul karena kepuasan publik kepada beliau sangat baik di bidang politik, hukum, keamanan dan ekonomi,” tutur politisi PDI-P Maruarar atau Ara dalam refleksi akhir tahun Perkumpulan Gerakan Kebangsaan (PGK) bertajuk Memperteguh Komitmen Kebangsaan di Tahun Politik di Jakarta, Minggu (30/12/2018).

Menurut Ara, selama pemerintahan Jokowi kinerja penegakan hukum semakin baik karena hubungan KPK, Polri, dan Kejaksaan Agung semakin harmonis sehingga tidak terjadi kegaduhan di bidang hukum.

Di bidang ekonomi Ara menjelaskan, bahwa Jokowi tetap menjamin tidak ada kenaikan harga bahan bakar minyak (BBM), meskipun harga minyak sangat fluktuatif dan tidak ada kenaikan tarif dasar listrik. “Dua hal itu sangat penting bagi rakyat terutama bagi rakyat kecil. Kami pastikan itu tetap terjaga,” tandasnya.

Sebelumnya survei yang dilakukan oleh beberapa lembaga survei menyatakan Jokowi-Ma’ruf unggul melawan Prabowo=andi. Hasil survei Indopolling Networking menunjukkan  jika pasangan Jokowi-Ma’ruf Amin meraih elektabilitas 28,8 persen. Angka ini lebih tinggi dibanding dengan Prabowo-Sandi yang hanya 23,7 persen. Sedangkan yang masih menyatakan rahasia 29,8 persen dan belum memutuskan adalah 17,8 persen.

Survei dilakukan selama periode Oktober 2018 dengan sampel sebanyak 1.200 responden. Survei menggunakan metode multi stage random sampling dengan margin of error +/-2,8 persen.

Sementara itu hasil survei Alvara Research Center menyebutkan elektabilitas Jokowi-Ma’ruf unggul daripada Prabowo-Sandi. Jokowi-Ma’ruf meraih elektabilitas 54,1 persen, sedangkan Prabowo-Sandiaga 33,9 persen.

Survei digelar 8-22 Oktober 2018 di 33 provinsi. Adapun survei Alvara menggunakan multi-stage random sampling dengan melakukan wawancara terhadap 1781 responden berusia 17 tahun ke atas. Rentang margin of errof sebesar 2,37 persen dan tingkat kepercayaan 95 persen.

Hasil survei Saiful Mujani Research and Consulting (SMRC) juga menunjukkan  pasangan Jokowi-Ma’ruf lebih unggul dibandingkan dengan Prabowo-Sandi. Di mana elektabilitas Jokowi-Ma’ruf Amin 60,4 persen sedangkan Prabowo-Sandi hanya 29,8 persen. Yang diwawancarai sebanyak 1.220 responden secara random di seluruh Indonesia.

Survei itu dilakukan pada 7-14 September 2018 terhadap 1.220 responden dengan response rate 1.074 responden. Survei dengan metode multistage random sampling dan margin of error kurang lebih 3,05 persen. Sedangkan responden terpilih diwawancarai melalui tatap muka.

Kendati unggul dalam survei, Jokowi  meminta agar tim suksesnya tidak terlena. “Semuanya harus kerja keras, jangan terlena dengan yang namanya survei. Semua harus tetap kerja,” kata Jokowi saat ditanya wartawan usai menghadiri rakernas tim kampanye di Hotel Empire, Surabaya, Jawa Timur, Minggu (28/10/2018).

Topik itu menjadi satu hal yang disampaikan Jokowi saat memberi pengarahan kepada tim kampanyenya yang dilangsungkan tertutup untuk publik.

Jokowi menuturkan, hasil survei justru harus menjadi alat mengoreksi mana saja hal yang masih kurang dikerjakan. Juga menjadi alat evaluasi untuk mengetahui apa saja yang mesti diperbaiki oleh tim kampanye.

“Apakah nanti tim kampanye anda akan memberi fokus untuk daerah-daerah tertentu yang dianggap masih kalah?” tanya wartawan.

“Enggak. Semuanya sama. Seluruh daerah, provinsi, kabupaten, kota, sama. Ditreatment dengan hal yang sama,” jawab Jokowi.

 

Baca juga:

Keselnya Jokowi Kepada Orang yang Suka Kritik

DPW PAN Kalsel Dukung Jokowi-Ma’ruf

Jokowi Merasa Terhormat Serahkan Penghargaan Kebudayaan kepada Putu Wijaya

Jokowi Akui Media Massa Berperanan Besar dalam Perjalanan Kariernya

Pages: 1 2 3 4

Related posts

Komentar

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Situs ini menggunakan Akismet untuk mengurangi spam. Pelajari bagaimana data komentar Anda diproses.