Senin, 25 Oktober 21

Jokowi Blusukan ke Kampung Ayer, Brunei

Jokowi Blusukan ke Kampung Ayer, Brunei

Bandar Seri Begawan, Obsessionnews – Di sela-sela kunjungan kenegaraannya ke Brunei Darusalam Presiden Jokowi melakukan blusukan ke Kampung Ayer yang letaknya tidak jauh dari Ibu Kota Bandar Seri Begawan. Jokowi meninjau kondisi masyarakat di sana sambil mempelajari apa yang bisa ditiru untuk dikembangkan seperti Kampung Deret Indonesia.

‎”Sangat mungkin (diterapkan di Indonesia). Di semua negara bisa, di sini juga bisa. Gambarnya sudah komplit,” ujar Jokowi usai blusukan, Bandar Seri Begawan, Sabtu (7/2/2015).

Jokowi di dampingi Ibu Negara Iriana blusukan sambil meninjau kampung Ayer dengan Menumpangi kapal Alap-Alap. Ada beberapa poin yang sudah ia ambil sebagai catatan mulai dari pola bangunan rumah, komunitas masyarakat nelayan di sana‎ hingga tata niaga di sekitarnya.

“Contohnya tadi, kampung nelayan yang diperbaiki dan bersih dan tertata, masyarakat juga bisa memelihara kampung itu. Jadi nanti mau cobalah kampung seperti tadi,” katanya.

Jokowi blusukan di Brunei

Jokowi mengatakan membangun kampung nelayan dengan meniru konsep ‎kampung Ayer ini sangat bisa dibangun di Indonesia, asal semua tergantung dari kemauan pemerintah saja. Untuk saat ini, presiden belum menentukan lokasi dimana akan dibangun kapung nelayan serupa.

“Ya bentuknya sama tapi jangan menghilangkan karakter bangunan nelayan. Kalau di atas air terus dibawa ke darat itu yang keliru, di atas air tetap diatas air,” tutur Jokowi.

Dalam lawatan ke Brunei Jokowi juga menyempatkan diri ‎mengunjungi pusat sejarah Brunei Royal Regalia Building. Di sana banyak terdapat benda-benda bersejarah peninggalan ‎nenek moyang kerajaan Brunei. (Has)

Related posts