Senin, 25 Oktober 21

Jokowi akan Betemu PM Malaysia Bahas Iklan Hina TKI

Jokowi akan Betemu PM Malaysia Bahas Iklan Hina TKI

Jakarta, Obsessionnews – ‎Presiden Jokowi siang ini bertolak menuju Malaysia untuk melakukan kunjungan kenegaraan. Setibanya di negeri Jiran itu, presiden akan langsung disambut secara kenegaraan oleh PM Malaysia Najib Tun Razak di Bandar Udara Internasional Kuala Lumpur.

“Ini kunjungan silaturahmi bahwa kebiasaan kelaziman seorang Kepala Negara di lingkungan ASEAN ketika beliau baru menjabat bersilaturahmi secara resmi mendatangi negara tetangga‎,” ujar Kepala Protokol Negara Ahmad Rusdi di Pangkalan Udara Halim PK, Jakarta, Kamis (5/2/2015).

Jokowi akan melakukan pertemuan bilateral dengan PM Nazib keesokan harinya. Pertemuan kedua pimpinan negara itu akan berlangsung di Istana Kepresidenan, pukul 10.00 waktu setempat.

Pertemuan ini berlangsung di tengah memanasnya isu iklan dari perusahaan setempat yang dianggap menghina PRT Indonesia. Kedutaan Besar RI sudah mengirimkan nota protes ke pemerintahan Malaysia terkait hal tersebut. Namun belum ada sikap resmi dari PM Nazib.

“Itu sudah ada surat protes tentunya kita nunggu surat protes‎,” tutur Rusdi.

Rusdi menjelaskan sebelum bertemu PM Nazib, Presiden Jokowi akan meminta laporan dari Dubes RI untuk Malaysia mengenai kepastian iklan tersebut, setelah itu baru akan dibicarakan persama dengan Nazib.‎ Sementara, Menteri Lauar Negeri Retno Marsudi sudah terbang lebih dulu untuk membicarakan hal yang sama‎.

‎Jokowi akan melakukan kunjungan kenegaraan ke beberapa negara anggota ASEAN. Setelah Malaysia Jokowi akan terbang menuju Brunei Darusalam dan Filipina.‎ Fokus kerjasama dengan Brunei menyangkut ekonomi, sedangkan dengan Filipina terkait pertukaran pengalaman tenaga kerja. (Has)

Related posts