Kamis, 23 September 21

Jokowi Beri Gelar 5 Tokoh Pahlawan Nasional

Jokowi Beri Gelar 5 Tokoh Pahlawan Nasional

Jakarta, Obsessionnews – Menyambut hari Pahlawan Nasional yang jatuh pada 10 November, Presiden Joko Widodo (Jokowi) menganugerahkan gelar pahlawan nasional pada lima tokoh yang dianggap berjasa untuk kemerdekaan Indonesia.

Penganugerahan gelar tersebut dilakukan di Istana Negara, Kamis (5/11/2015). Dihadiri para ahli waris, pemimpinan lembaga tinggi negara, Menteri Kabinet Kerja dan berbagai lembaga penekag hukum.

Lima tokoh yang diberi gelar pahlawan nasional yakni Bernard Wilhem Lapian (alm), Mas Iman (alm), Komjen Pol Moehammad Jasin (alm), I Gusti Ngurah Made Agung (alm) dan Ki Bagus Hadikusumo (alm).

Kelimanya dikukuhkan sebagai pahlawan nasional lewat keputusan presiden (Keppres) 116/TK Tahun 2015. Semua plakat tanda jasa dan penghargaan gelar pahlawan nasional diberikan oleh Presiden Jokowi kepada para ahli waris.

Untuk diketahui, Benhard Wilhem Lapian merupakan sosok yang ikut berjuang di era kemerdekaan dan mempertahankan Negara Kesatuan Republik Indonesia, terutama terlibat aktif dalam peristiwa Merah Putih 14 Februari 1946.

Sedangkan Mas Isman diketahui sebagai pendiri Ormas Kesatuan Organisasi Serbaguna Gotong Royong (Kosgoro), yang merupakan salah satu ormas pendiri Sekber Golkar. Mas Isman merupakan ayah dari mantan Menpora Hayono Isman. Saat era perjuangan kemerdekaan, Mas Isman pernah menjadi komandan pejuang Tentara Pelajar Jawa Timur

Sedangkan I Gusti Ngurah Made Agung merupakan tokoh dari peristiwa perang puputan Badung dalam rangka melawan penjajah Belanda pada 1902-1906 silam.

Kemudian, Ki Bagus Hadikusumo merupakan tokoh Muhammadiyah. Ia menentang perintah penjajah Jepang agar berdoa kepada Dewa Matahari. Ia juga yang merumuskan pokok pemikiran Ahmad Dahlan yang kemudian menjadi mukadimah Anggaran Dasar Muhammadiyah.

Serta, Komjen Pol Moehammad Jasin merupakan polisi yang membentuk satuan Brigadir Mobil (Brimob) sebagai satuan elite dan tertua di Kepolisian RI. (Has)

Related posts

Komentar

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Situs ini menggunakan Akismet untuk mengurangi spam. Pelajari bagaimana data komentar Anda diproses.