Kamis, 23 September 21

Jokowi Bentuk Unit Kerja Pembinaan Ideologi Pancasila

Jakarta, Obsessionnews.com – Presiden Jokowi mengajak peran aktif para tokoh lintas agama, tokoh masyarakat, pendidik, pelaku seni dan budaya, pelaku media, jajaran birokrasi, TNI dan Polri, serta seluruh komponen masyarakat untuk bersama-sama menjaga Pancasila.

Pemerintah sendiri memiliki komitmen yang kuat untuk menjaga Pancasila dan kebinekaan bangsa. Melalui Peraturan Presiden Nomor 54 Tahun 2017, pemerintah membentuk Unit Kerja Presiden Pembinaan Ideologi Pancasila.

Presiden Jokowi mengataka lembaga baru ini nantinya akan ditugaskan untuk memperkuat pengalaman Pancasila dalam kehidupan sehari-hari yang terintegrasi dengan program pembangunan.

Demikian ditegaskan Presiden Jokowi saat menyampaikan sambutan selaku inspektur upacara Peringatan Hari Lahir Pancasila di halaman Gedung Pancasila, Kementerian Luar Negeri, Jakarta, Kamis (1/6/2017).

“Pemahaman dan pengamalan pancasila harus terus ditingkatkan. ceramah keagamaan dan materi pendidikan, fokus pemberitaan dan perdebatan di media sosial harus menjadi bagian dari pendalaman dan pengamalan pancasila,” imbuh Presiden.

Presiden Jokowi turut meminta kewaspadaan seluruh elemen bangsa terhadap segala bentuk pemahaman dan gerakan yang tidak sejalan dengan Pancasila.

“Pemerintah pasti bertindak tegas terhadap organisasi dan gerakan yang anti pancasila, yang anti Undang-Undang Dasar 1945, yang anti NKRI dan yang anti Bhinneka Tunggal Ika,” tegas Presiden.

Tidak hanya itu, kata Presiden Jokowi, pemerintah juga akan bertindak tegas terhadap paham dan gerakan komunisme yang secara jelas dilarang di Indonesia.

“Selamat Hari Lahir Pancasila. Kita Indonesia, Kita Pancasila. Semua Anda Indonesia, semua Anda Pancasila. Saya Indonesia, saya Pancasila,” ujarnya.

Setelah mengikuti upacara, Presiden Jokowi didampingi Wapres Jusuf Kalla meninjau pameran foto “Sejarah Lahirnya Pancasila” di Foyer Gedung Pancasila dan serta berfoto bersama dengan sejumlah tokoh dan pemuka agama. (Has)

Related posts

Komentar

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Situs ini menggunakan Akismet untuk mengurangi spam. Pelajari bagaimana data komentar Anda diproses.