Sabtu, 29 Januari 22

Jokowi Benahi Sistem Transportasi Berbasis Rel

Jokowi Benahi Sistem Transportasi Berbasis Rel

Jakarta, Obsessionnews – Pemerintah akan membangun sistem transportasi berbasis rel (kereta api) di dalam kota, dan antar kota di beberapa di kawasan Indonesia. Transportasi kereta api tersebut akan terintegrasi dengan semua moda transportasi yang ada.

Presiden mengatakan moda transportasi kereta api adalah sebuah moda transportasi yang andal, efisien, dan murah. Diharapkan keberadaan sarana transportasi ini akan membuat pergerakan orang menjadi lebih cepat dan efisien pula.

“Karena itu kita harus prioritaskan pembangunannya, ” kata Presiden Jokowi dalam Rapat Kabinet Terbatas di Istana Kepresidenan Jakarta, Senin (13/7/2015).

Sistem transportasi berbasis rel yang dimaksud adalah jalur Light Rail Transit (LRT) yang akan dibangun pemerintah di wilayah Jabodetabek dan High Speed Train (HST) jalur Jakarta – Bandung. Sistem ini meniru transportasi terpadu di negara-negara maju seperti di Eropa.

Presiden berharap sebagian pembangunan LRT di Jabodetabek ini sudah selesai 2018. Untuk mempercepat prosesnya, pembangunan infrastruktur akan dilakukan oleh pemerintah. Selanjutnya pembangunan LRT dilakukan di beberapa kota di seluruh Indonesia.

Dalam rapat tersebut presiden juga meminta segera dibentuk Jakarta-Bogor-Depok-Tangerang-Bekasi (Jabodetabek) Land Transportation Authority (LTA), agar otoritas menjadi jelas dan terintegrasi sebagaimana LTA di negara-negara maju.

Selain LRT, Pemerintah juga ingin mewujudkan pembangunan HST atau kereta super cepat jalur Jakarta – Bandung. Hingga saat ini sudah ada dua peminat, dari Jepang dan China, untuk membangun HST. Pemerintah akan melakukan beauty contest untuk menentukan pemenangnya. (Has)

Related posts

Komentar

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Situs ini menggunakan Akismet untuk mengurangi spam. Pelajari bagaimana data komentar Anda diproses.