Selasa, 9 Agustus 22

Jokowi Anggap IMF, Bank Dunia dan ABD Sudah Usang

Jokowi Anggap IMF, Bank Dunia dan ABD Sudah Usang

Jakarta, Obsessionnews – Presiden Jokowi mendesak negara-negara Asia Afrika membangun sebuah kekuatan ekonomi baru dengan tidak bergantung pada dominasi Bank Dunia, International Monetary Fund (IMF), dan Asian Development Bank (ADB).

“Pandangan yang mengatakan bahwa persoalan ekonomi dunia hanya dapat diselesakan oleh Bank Dunia (WB), IMF dan ADB adalah pandangan yang usang dan perlu dibuang,” ujar Jokowi saat pembukaan KTT Asia Afrika di Balai Sidang Jakarta, Rabu (22/4/2015).

Jokowi mengatakan keberadaan lembaga keuangan dunia itu sudah usang karena tidak bisa lagi diandalkan untuk menyelesaikan masalah perekonomian bangsa. Dengan adanya kekuatan ekonomi baru, ia optimis Asia Afrika bisa sejajar dengan bangsa bangsa maju lainnya.

“Kita bisa melakukan itu dengan membumikan pada tiga cita cita yang diperjuangkan para pendahulu kita 60 tahun lalu. Pertama kesejahteraan, kita harus mempererat kerja sama untuk menghapus kemiskinan, mengembangkan ilmu pengetahuan, dan memperluas lapangan kerja. Solidaritas, kita harus maju bersama,” seru Jokowi.

Presiden Jokowi menegaskan, bahwa pengelolaan ekonomi dunia tidak bisa diserahkan hanya kepada tiga lembaga keuangan internasional itu, sehingga penting baginya negara-negara Asia Afrika wajib membangun sebuah tatanan ekonomi dunia baru yang bersifat terbuka.

“Kita mendesak dilakukannya reformasi arsitektur keuangan global untuk menghilangkan dominasi kelompok negara atas negara-negara lain,” kata Presiden Jokowi.

Kepala Negara menyebut Indonesia saat ini sedang bangkit dalam membangun sebagai kekuatan ekonomi baru. Sebagai negara berpenduduk muslim terbesar di muka bumi, sebagai negara demokrasi terbesar ketiga di dunia Indonesia katanya, siap memainkan peran global sebagai kekuatan bagi perdamaian dan kesejahteraan.

“Indonesia siap bekerjasama dengan semua pihak untuk mewujudkan cita-cita mulia itu,” tandasnya.‎ (Has)

Related posts

Komentar

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.

Situs ini menggunakan Akismet untuk mengurangi spam. Pelajari bagaimana data komentar Anda diproses.