Sabtu, 16 Oktober 21

Jokowi akan Tambah Anggaran TNI Jadi Rp250 Triliun

Jokowi akan Tambah Anggaran TNI Jadi Rp250 Triliun

Jakarta, Obsessionnews – Presiden Joko Widodo (Jokowi) menjanjikan anggaran besar untuk TNI untuk membangun kekuatan masa depannya. Apabila pertumbuhan ekonomi Indonesia mencapai 6 persen lebih, maka Jokowi akan menambah anggaran TNI hingga mencapai Rp 250 triliun.

“TNI ke depan siap menghadapi corak peperangan masa depan di tengah kondisi geografis,” ujar Jokowi dalam rapat terbatas di kantor Presiden, Jakarta, Selasa (23/2/2016).

Turut hadir Wakil Presiden Jusuf Kalla, Panglima TNI Jenderal Gatot Nurmantyo dan para kepala staf. Sedangkan jajaran menteri diantaranya Menko Polkam Luhut Binsar, Menhan Ryamizard Ryacudu dan Mendagri Tjahjo Kumolo.

Jokowi beri gambaran bahwa anggaran TNI sebelumnya kurang lebih 0,78 dari PDB dan sekarang sudah meningkatkan kurang lebih 1.1 persen. Angka ini menurut Jokowi sudah harus ditambah menjadi 1,5 persen.

“Saya menyadari untuk membangun TNI yang profesional dan disegani harus mampu memenuhi alutsista (alat utama sistem persenjataan) bagi 3 matra secara terpadu,” katanya.

Jokowi menjelaskan perlu sebuah perencanaan yang matang, betul-betul detail danterinci, sehingga anggaran sebesar itu bisa pergunakan dengan baik, tepat guna dan juga terdesain dari awal.

“Ini angka yang harus mulai diantisipasi dari sekarang. Artinya harus ada sebuah perencanaan yang matang,” tegasnya.

Selanjutnya Presiden menekankan pentingnya menggunakan alutsista produk dalam negeri sendiri serta harus mengarah secara detail dalam sebuah strategi pembangunan kekuatan TNI ke depan.

“Ini mungkin yang kita inginkan ke depan,” pungkas Presiden. (Has)

Related posts

Komentar

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Situs ini menggunakan Akismet untuk mengurangi spam. Pelajari bagaimana data komentar Anda diproses.