Rabu, 8 Februari 23

Jokowi akan Sediakan 1 Unit Kapal Besar Berkapasitas 1.500 GT untuk Maluku

Jokowi akan Sediakan 1 Unit Kapal Besar Berkapasitas 1.500 GT untuk Maluku
* Presiden Jokowi meninjau Pelabuhan Yos Sudarso, Ambon, Maluku (9/2/2017).

Ambon, Obsessionnews.com – Presiden Jokowi menjanjikan 1 unit kapal besar berkapasitas 1.500 GT untuk melayani warga Maluku pada tahun ini. Hal itu dilakukan sebagai tindak lanjut dari keluhan anak buah kapal (ABK) kepada dirinya.

Saat bertemu dengan ABK Roro di Pelabuhan Yos Sudarso, Ambon, Presiden Jokowi mendapat keluhan bahwa para ABK seringkali takut berlayar karena khawatir terkena terjangan ombak besar.

“Karena tadi saya dengar banyak keluhan kalau pas ombak besar yang 500 GT ini kadang berani kadang tidak. Memang perlu yang lebih gede,” kata Jokowi saat meninjau Pelabuhan Yos Sudarso, Ambon, Maluku (9/2/2017).

“lapangan-lapangan seperti ini yang selalu kita dengar di bawah agar kebutuhan atau penyediaan sesuai dengan permintaan yang ada di daerah,” katanya.

Tidak hanya itu, dalam kesempatan kunjungan tersebut, Presiden Jokowi juga berjanji akan menyediakan 100 kapal rakyat untuk orang Maluku. Ini akan menambah kapal berkapasitas 100 GT dan 500 GT yang sudah tersebut.

“Ya sama, yang 100 GT tadi, itu dengan GT yang lebih kecil 500 ke bawah dan itu nanti juga, bukan hanya kapal seperti ini, kapal rakyat pun juga akan dibuat lagi sebanyak 100 unit,” pungkas Jokowi.

Untuk mengupgrade atau memperbaiki sumber daya manusia (SDM) yang berkaitan dengan kelautan, pemerintah kata Presiden Jokowi akan mensekolahkan ABK pilihan guna mendapatkan sertifikat dan buku pelaut.

“Yang tadi berjejer di sebelah sana (ABK berdiri di dermaga samping kapal) itu yang akan dipilih untuk disekolahkan untuk mendapatkan sertifikat atau mendapat buku pelaut,” ungkap Presiden. (Has)

Related posts

Komentar

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Situs ini menggunakan Akismet untuk mengurangi spam. Pelajari bagaimana data komentar Anda diproses.