Rabu, 18 September 19

Jokowi Akan Reshuffle Menteri yang Namanya Terseret Kasus Korupsi

Jokowi Akan Reshuffle Menteri yang Namanya Terseret Kasus Korupsi
* Presiden Jokowi didampingi Wapres Jusuf Kalla pimpin Rapat terbatas di Istana. (Foto: dok Biropers Istana)

Jakarta, Obsessionnews.com – Kabar reshuffle kabinet menteri kabinet kerja menguat pasca Pemilu 2019. Reshuffle dilakukan menyusul adanya sejumlah menteri yang tersandung kasus korupsi di Komisi Pemberantasan Korupsi (KPK). Pihak Istana menyebut kemungkinan Presiden Jokowi mereshuffle kabinet itu setelah Lebaran Idul Fitri.

“Kalau sampai Lebaran saya kira tidak ada. Saya tidak tahu setelah Lebaran, kemungkinan itu bisa saja,” ujar Staf Khusus Presiden, Johan Budi SP, di Kantor Presiden, Jakarta Pusat, Rabu (8/5/2019).

 

Baca juga:

Calon Menteri Jokowi Harus Bebas dari Korupsi

Kementerian PANRB Sukses Meningkatkan Indeks Persepsi Anti Korupsi

Reshuffle Erat Kaitannya dengan Kepentingan Jokowi di 2019

Menanti Reshuffle di “Rabu Keramat”

 

Johan mengaku Presiden Jokowi telah melakukan evaluasi terhadap kinerja menterinya, termasuk memanggil para menteri yang bermasalah hukum tersebut. Namun, Johan tidak memastikan siapa saja nama menteri yang bakal direshuffle. Sebab, hal tersebut merupakan hak prerogatif Jokowi.

“Apakah Pak Presiden sudah memanggil menteri yang sudah atau sedang diperiksa KPK, saya kira itu pasti sudah dilakukan Pak Presiden. Pasti Pak Presiden meminta penjelasan yang bersangkutan kenapa diperiksa oleh KPK,” ujar Johan.

Johan menjelaskan, ada sejumlah faktor yang memungkinkan Presiden Jokowi mengocok ulang kabinetnya, seperti masalah kinerja dan menteri tersebut sudah berstatus tersangka. Reshuffle bisa saja dilakukan sebelum masa kepemimpinan Jokowi di periode pertama ini berakhir.

“Ketika Pak Presiden melihat kinerja menterinya tidak perform, bisa diganti sewaktu-waktu, dan menterinya tersangkut hukum,” jelas Johan.

 

Baca juga:

Uang yang Disita KPK Diambil dari Laci Menteri Agama

KPK Jadwalkan Pemanggilan Menteri Agama Lukman Hakim

Inilah Jejak Menpora Imam Nahrawi dalam Kasus Suap KONI

Kembali Bikin Kontroversi, Enggartiasto Buang Kewenangan Menteri Perindustrian

 

Ada tiga nama menteri Kabinet Kerja yang terseret masalah hukum, yakni Menteri Pemuda dan Olahraga (Menpora) Imam Nahrawi, Menteri Perdagangan (Mendag) Enggartiasto Lukita, dan Menteri Agama (Menag) Lukman Hakim Saifuddin. Ketiganya telah diperiksa oleh KPK, meski statusnya belum ditetapkan sebagai tersangka.

Sebelumnya Menpora Imam Nahrawi terseret kasus dugaan suap dana hibah Komite Olahraga Nasional Indonesia (KONI). Nama Menpora kerap disinggung menerima hadiah atau komitmen berupa uang Rp 1,5 miliar. Hal itu tertuang dalam berita acara pemeriksaan (BAP) milik Sekretaris Bidang Perencanaan dan Anggaran KONI Suradi yang dibacakan jaksa KPK dalam sidang terdakwa Ending.

Sementara itu Menag Lukman tersandung kasus dugaan jual beli jabatan di lingkungan Kementerian Agama yang melibatkan mantan Ketua Umum PPP Romahurmuziy. KPK menyita uang ratusan juta rupiah dan puluhan ribu dolar Amerika yang ditemukan di dalam laci meja kerja Menteri Agama. Total ada sekitar Rp 180 juta ditambah US$ 30 ribu.

Kemudian Mendag Enggar terseret kasus dugaan suap dan gratifikasi anggota Komisi VI DPR dari Fraksi Golkar Bowo Sidik Pangarso. Bowo mengaku menerima uang Rp2 miliar dari Enggar. Penyidik KPK pun lantas menggeledah ruang kerja dan rumah Enggar. (Has)

Related posts

Komentar

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.