Rabu, 1 Desember 21

Jokowi akan Perkuat Natuna Jadi Bagian Wilayah Indonesia

Jokowi akan Perkuat Natuna Jadi Bagian Wilayah Indonesia
* Presiden Jokowi di Natuna, Kepulauan riau, Kamis (23/6/2016).

Ranai, Obsessionnews.com – Presiden Jokowi menggelar rapat terbatas di Kapal Perang Indonesia (KRI) Imam Bonjol-383 di Perairan Natuna, Kepulauan Riau. Ratas ini dilakukan dalam rangkaian kunjungan Presiden Jokowi ke pulau di utara Indonesia yang berbatasan dengan beberapa negara tersebut.

Menteri Luar Negeri Retno Marsudi mengatakan, dalam arahannya Presiden Jokowi menekankan dua hal yang akan menjadi fokus pemerintah untuk mengembangkan kawasan Natuna sebagai salah satu beranda terdepan Indonesia dan kawasan strategis Nasional.

“Sebagaimana diketahui bahwa Indonesia merupakan negara yang sangat besar, wilayah darat dan juga lautnya besar dan dua pertiga dari wilayah Republik ini terdiri dari air atau laut,” ujar Retno saat menggelar jumpa pers di atas KRI Imam Bonjol, di Perairan Natuna, Kepri, Kamis (23/6/2016).

Jokowi - Natuna 1
Presiden Jokowi menggelar rapat terbatas di Kapal Perang Indonesia (KRI) Imam Bonjol-383 di Perairan Natuna, Kepulauan Riau, Kamis (23/6/2016).

Menurut Retno, sejak awal pemerintahan ini, Presiden Jokowi selalu menekankan mengenai pengembangan ekonomi wilayah terluar harus menjadi prioritas, begitu pula mengenai kedaulatan dan hak berdaulat harus terus terpelihara dan tetap terjaga.

“Dan kali ini perhatian presiden ada di pulau Natuna sebagai salah satu wilayah atau pulau terluar di Indonesia,” katanya.

Untuk pengembangan ekonomi di wilayah kepulauan Natuna dan sekitaranya fokus pemerintah pada bidang perikanan dan migas. Misalnya di bidang perikanan akan dikembangkan pembangunan sentra kelautan dan perikanan secara terpadu.

Sedangkan bidang migas Menlu memperoleh informasi bahwa di perairan sekitar Natuna terdapat sekitar 16 blok untuk migas, 5 blok sudah berproduksi dan 11 sedang bereksploitasi. Ini yang akan menjadi sumber ekonomi yang potensial, tidak hany untuk pemerintah tetapi juga untuk masyarakat sekitar.

Jokowi - Natuna 2
Presiden Jokowi berada di atas di Kapal Perang Indonesia (KRI) Imam Bonjol-383 di Perairan Natuna, Kepulauan Riau.

Adapun dalam upaya menjaga kedaulatan wilayah NKRI, dalam ratas tersebut dibahas mengenai pengembangan pertahanan di wilayah Natuna dan sekitarnya. Upaya ini dilakukan dengan maksud pemerintah tidak ingin ada yang pihak lain yang mengganggu stabilitas keamanan di kawasan ini

“Jadi tadi saya pikir bu Menlu sudah menyampaikan bahwa kita tidak ingin ada mengganggu stabilitas keamanan di kawasan ini,” tambah Menko Polhukam Luhut Binsar Panjaitan.

Pemerintah sedang merencanakan untuk membangun pangkalan milite angkatan laut berupa Lanal. Tidak hanya itu, Presiden Jokowi akan mengupayakan mengalihkan hampir 6 ribu kapal nelayan di dekat jawa yang sudah crowded untuk bisa beroperasi di perairan Natuna.

“Pastilah itu akan dilakukan sedang dalam perencanaan, tentu tidak bisa disampaikan, tidak bisa kita buka semua,” lanjut Luhut. (Has)

Related posts

Komentar

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Situs ini menggunakan Akismet untuk mengurangi spam. Pelajari bagaimana data komentar Anda diproses.