Selasa, 9 Agustus 22

Jokowi Akan Lantik Andika Perkasa Jadi KSAD

Jokowi Akan Lantik Andika Perkasa Jadi KSAD
* Letjen Andika Perkasa. (Foto: rakyatku.com).

Jakarta, Obsessionnews.com – Presiden Joko Widodo (Jokowi) dijadwalkan akan melantik Letjen Andika Perkasa menjadi Kepala Staf Angkatan Darat (KSAD) yang baru di Istana Negara, Jakarta, pada hari ini, Kamis (22/11/2018), pukul 09.00 WIB. Andika menggantikan Jenderal Mulyono, yang masuk masa pensiun pada Januari 2019.

“Andika (KSAD yang baru) insya Allah jam 9 nanti (dilantik Presiden Jokowi), mudah-mudahan tidak ada halangan melintang,” ujar Tenaga Ahli Kedeputian IV Kantor Staf Kepresidenan Ali Mochtar Ngabalin, Kamis (22/11/2018).

Sebelum dilantik menjadi KSAD, jabatan Andika ialah Panglima Komando Cadangan Strategis Angkatan Darat (Pangkostrad). Andika yang diangkat menjadi Pangkostrad pada Juli 2018 saat itu menggantikan Letjen Agus Kriswanto yang dimutasi sebagai Pati Mabes TNI AD dalam rangka pensiun. 

Andika merupakan lulusan Akademi Militer 1987. Ia mengawali karier sebagai Komandan Peleton Grup 2/Para Komando, Kopassus. Delapan tahun kemudian ia diangkat menjadi Komandan Tim 3, Sat Gultor 81, Kopassus. 

Andika yang mayoritas kariernya dihabiskan di Kopassus itu pada 8 November 2013 diangkat menjadi Kepala Dinas Penerangan Angkatan Darat. Tak lama kemudian pangkat Andika dinaikkan menjadi Brigadir Jenderal. 

Baru 11 bulan menjabat, menantu eks Kepala BIN Hendropriyono ini dipromosikan menjadi Komandan Paspampres pada 2014. Dengan jabatan baru ini, ia juga mendapatkan kenaikan pangkat menjadi Mayor Jenderal. 

Tak sampai di situ, Andika kemudian diangkat menjadi Komandan Kodiklat TNI-AD pada 15 Januari 2018. Pada jabatan tersebut pangkatnya sekaligus naik menjadi Letnan Jenderal. Dengan pelantikan sebagai KSAD, Andika akan menyandang pangkat Jenderal TNI. (Has)

Related posts

Komentar

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.

Situs ini menggunakan Akismet untuk mengurangi spam. Pelajari bagaimana data komentar Anda diproses.