Minggu, 24 Oktober 21

Jokowi akan Bangun Deep Seaport di Kilometer Nol Sabang

Jokowi akan Bangun Deep Seaport di Kilometer Nol Sabang

Sabang, Obsessionnews – Presiden Jokowi mememiliki visi besar untuk membangun Kota Sabang, Nanggroe Aceh Darussalam agar kota tersebut tidak hanya menjadi kota perbatasan. Tahun ini presiden akan mendatangkan para investor untuk membangun pelabuhan besar (deep seaport) di Kilometer Nol, Sabang.

“Ini dulu memang sempat di mulai, tapi berhenti lagi dan baru dibuka lagi dengan UU yang baru tapi lapangannya belum diproses,” ujar Jokowi usai mencanangkan gerakan nasional Ayo Kerja di Kilometer Nol, Sabang, Selasa (10/3/2015).

Jokowi akan mengundang Walikota Sabang datang ke istana untuk membicakan mengenai rencana pembangunan kedepan. Walaupun tadi ia mengaku sudah mendapatkan kisi-kisi tentang pembangunan seperti apa yang diinginkan.

“Saya meyakini dengan kondisi yang ada, tadi saya menanyakan ke dalaman 25, ini sudah bisa untuk deep seaport, saya kira gak ada masalah,” katanya.

Presiden ingin memproses proyek ini lebih cepat dan jangan sampai gagal seperti pada tahun sebelumnya. Menko Maritim sudah diperintahkan untuk melakukan identifikasi semua masalah yang ada di lapangan.

“Tadi saya sudah minta data-data dari pa Walikota Sabang dan sudah disampaikan kekurangannya apa, kalau regulasi akan kita perhatikan,” ucap kepala negara.

Menurut presiden pelabuhan ini nantinya bisa dijadikan sebagai tempat transit kapal-kapal asing besar maupun juga kapal dagang dalam negeri serta bisa melayani pelayaran ke luar negeri.

Selain akan dibangun deep seaport, di sekitar kilometer nol juga akan dibangun spot-spot untuk tempat pariwisata.

“Ini harus segera diputuskan mana yang periwisata, mana yang untuk pelabuhan besarnya sehingga arah dan fokusnya jelasn” tandasnya. (Has)

Related posts

Komentar

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Situs ini menggunakan Akismet untuk mengurangi spam. Pelajari bagaimana data komentar Anda diproses.