Senin, 16 Desember 19

Jokowi Akan Bangun 24 Pelabuhan Dukung Gagasan Poros Maritim

Jokowi Akan Bangun 24 Pelabuhan Dukung Gagasan Poros Maritim

Tianjin – Presiden Jokowi terkesan melihat kota Tianjin setelah melakukan blusukan ke kota tersebut. Di sana terdapat sebuah pelabuhan terbesar di kawasan utara yang merupakan pintu akses maritim terpenting di Ibu Kota Beijing.

Tianjin merupakan salah satu dari empat provinsi terbesar di Tiongkok. Jokowi memuji kemajuan kota tersebut. Menurutnya kota Tianjin bisa maju pesat karena ditunjang oleh sarana infrastruktur yang memadai.

“Tianjin itu pelabuhan sangat efisien, pembangkit listrik saya tanyakan hanya 6 sen (per mega watt). Saya selalu tanya biaya, kereta cepat, antara Rp 150-200 miliar per kilometer,” ujar Jokowi, Minggu (9/11/2014) malam.

Melihat kondisi tersebut Jokowi menyatakan ingin membangun 24 pelabuhan terkoneksi di tanah air dalam lima tahun ke depan. Nilai investasi dari proyek tersebut mencapai Rp 70 triliun.

“Rencananya kita akan mengembangkan 24 pelabuhan dalam 5 tahun ini. Oleh sebab itu kenapa kita ke Tianjin, karena ini adalah perusahaan terbesar dan arah pengembangan ke depan,” kata Jokowi.

Jokowi mengatakan untuk tahap pertama empat pelabuhan akan dibangun terlebih dahulu, namun dia enggan menyebutkan lokasi pembangunannya. “Nanti saya sebut, sekarang jangan dulu,” ucap dia.

Presiden dalam kesempatan kujungan ke Beijing juga bertemu pengusaha asal Indonesia dan Tiongkok. Presiden membuka peluang investasi untuk membangun infrastruktur di Indoneswia, termasuk didalammnya adalah pelabuhan, pembangkit linstrik, kereta api dan tol laut.

Pembangunan ini agar sejalan dengan poros maritim yang digagas presiden. Jokowi menjelaskan tanpa infrastruktur Indonesia tidak bisa menjadi negara maju. (Has)

 

Related posts