Senin, 28 September 20

Jokowi Ajak Generasi Muda Kenalkan Batik ke Kancah Dunia

Jokowi Ajak Generasi Muda Kenalkan Batik ke Kancah Dunia
* Presiden Jokowi saat tiba di Pangkalan TNI AU Adi Soemarmo, Kabupaten Boyolali, Jawa Tengah untuk menghadiri puncak Peringatan Hari Batik Nasional 2019 yang dipusatkan di Kota Surakarta, Rabu (2/10/2019). (Foto: Dok setneg.go.id)

Surakarta, Obsessionnews.com – Sejak 2 Oktober 2009 Badan Dunia untuk Pendidikan, Keilmuan, dan Kebudayaan (UNESCO) menetapkan batik sebagai warisan budaya milik Indonesia dalam kategori warisan budaya tak benda. Untuk itu, Presiden Joko Widodo (Jokowi) mendorong masyarakat untuk terus melestarikan batik supaya tetap diakui UNESCO sebagai warisan budaya Indonesia.

Menurut dia, dorongan melestarikan batik tidak hanya untuk orang dewasa dan orangtua tapi juga generasi muda. Pasalnya, generasi muda justru mempunyai jangakauan luas untuk mengenalkan batik.

“Jadi tugas kita selanjutnya adalah mengajak generasi muda untuk terus memakai batik dan terus mengenalkan batik kepada dunia,” ujar Jokowi saat memberikan sambutan pada peringatan Hari Batik Nasional di Istana Mangkunegaran, Surakarta, Jawa Tengah, Rabu (2/10/2019).

Tidak hanya itu, mantan Gubernur DKI Jakarta ini juga meminta setiap acara-acara internasional juga menggunakan batik sehingga warisan budaya adiluhung ini lebih dikenal di kancah global.

Bahkan, belum lama ini mantan perdana menteri Australia Malcolm Turnbull berkunjung ke Istana Negara menggunakan batik pemberian Ibu Negara Iriana Jokowi. “Artinya, baju batik sudah mulai diterima dan banyak digunakan di luar negeri,” ungkapnya.

Orang nomor satu di Indonesia ini mengatakan, pelestarian batik secara lebih luas juga akan meningkatkan pertumbuhan ekonomi. Pasalnya, apabila batik semakin lestari maka pengusaha batik semakin maju. Selain itu, pengusaha bahan dan alat membatik seperti canting dan lainnya juga akan semakin maju. (Poy)

Related posts

Komentar

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.