Rabu, 24 April 24

Jill Biden, Ibu Guru yang Jadi Istri Presiden

Jill Biden, Ibu Guru yang Jadi Istri Presiden
* Joe Biden dan istrinya, Jill Biden. (Foto: RTR/BBC)

Di sebuah kelas yang kosong, tempatnya mengajar pelajaran bahasa Inggris pada dekade 1990-an, Jill Biden menyampaikan pidato dalam forum konvensi Partai Demokrat. Kala itu, suaminya, Joe Biden, baru saja terpilih menjadi kandidat calon presiden.

Jill adalah salah satu sosok di belakang pencalonan Joe. Belakangan, Joe memuji Jill memiliki kualitas mumpuni untuk menjadi ibu negara Amerika Serikat.

“Bagi Anda semua di seluruh negeri, pikirkan saja guru favorit yang memberi Anda keyakinan untuk percaya pada diri sendiri. Begitulah ibu negara…Jill Biden nantinya,” kata Joe.

Jill Biden, istri Joe Biden. (Foto: Getty Images)

Setelah hasil pemilihan presiden AS dapat dipastikan, apa saja yang kita ketahui tentang Jill yang diperkirakan akan segera bergabung dengan suaminya ke Gedung Putih?

Kehidupan personal
Jill Jacobs lahir Juni 1951 di Negara Bagian New Jersey. Dia adalah anak tertua dari lima bersaudara. Jill tumbuh dewasa di pinggiran kota Pihladelphia, Willow Grove.

Sebelum menikahi Joe, Jill pernah membangun rumah tangga dengan Bill Stevenson, seorang mantan pemain sepak bola Amerika.

Pada tahun 1972, kecelakaan lalu lintas merenggut nyawa istri pertama dan putri Joe yang berusia satu tahun. Dua anak lelakinya, Beau dan Hunter, selamat dalam kejadian tersebut.

Tahun 1975, Jill dikenalkan kepada Joe oleh saudara laki-lakinya. Saat itu, Joe berstatus sebagai senator, sedangkan Jill masih menempuh pendidikan tinggi.

“Saat itu saya mahasiswi tingkat akhir dan selalu berkencan memakai celana jins, sepatu bersol kayu, dan kaus oblong. Suatu hari Joe menjemput saya, dia mengenakan jaket olahraga dan sepatu pantofel.

“Saya lalu berpikir, ‘Ya Tuhan, hubungan ini tidak akan pernah berhasil. Dia sembilan tahun lebih tua dibanding saya!’

“Namun kala itu kami tetap pergi untuk menonton film A Man and A Woman di sebuah bioskop di Philadelphia. Dan akhirnya kami mengenal satu sama lain,” kata Jill kepada majalah Vogue, tentang kencan pertamanya dengan Joe.

Karier sebagai guru
Jill kini berusia 69 tahun. Dia menghabiskan puluhan tahun hidupnya bekerja sebagai guru.

Jill memegang gelar sarjana dan dua gelar strata dua. Dia memperoleh gelar doktor ilmu pendidikan dari University of Delaware pada tahun 2007.

Sebelum pindah ke Washington DC, Jill mengajar di perguruan tinggi tingkat rendah (community college) di Negara Bagian Delaware. Dia juga pernah menjadi guru di sekolah menengah umum, dan di rumah sakit jiwa khusus remaja.

Pada konvensi kandidat presiden Partai Demokrat lalu, Jill berpidato di ruang kelas lamanya di Sekolah Menengah Brandywine Delaware. Dia mengajar bahasa Inggris di sekolah itu dari tahun 1991 hingga 1993.

Saat Joe menjabat sebagai wakil presiden pada era pemerintahan Barack Obama, Jill menjadi profesor bahasa Inggris di Northern Virginia Community College.

“Mengajar bukanlah pekerjaan saya. Itu adalah jati diri saya,” ujarnya lewat akun Twitter miliknya, Agustus lalu. (Red)

Sumber: BBC News

Related posts

Komentar

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Situs ini menggunakan Akismet untuk mengurangi spam. Pelajari bagaimana data komentar Anda diproses.