Sabtu, 4 Desember 21

Jika Meletus, Dampak Sektoral Gunung Agung Maksimal 12 Km

Jika Meletus, Dampak Sektoral Gunung Agung Maksimal 12 Km
* Gunung Agung.

Jakarta, Obsessionnews.com – Pusat Vulkanologi dan Mitigasi Bencana Geologi (PVMBG) sudah memberikan tanda-tanda aktivitas Gunung Agung dengan status ‘awas’. Ini menandakan bahwa warga di sekitar Gunung Agung di Kabupaten Karangasem, Bali, diminta untuk mengungsi demi keamanan.

Mantan Kepala PVMBG Surono mengatakan, tidak ada yang bisa memastikan kapan sebuah gunung akan meletus. Aktivis yang keluar dari dalam gunung hanya menandakan bahwa Gunung Agung berada dalam kondisi yang tidak aman, untuk didekati. Karenanya warga diminta mengungsi.

Ia mengatakan, jarak yang paling aman bagi warga agar tidak terkena dampak letusan adalah 9 kilometer sampai 12 kilometer. Demi keselamatan semua pihak, ia pun meminta kepada masyarakat untuk menjauh dari area yang sudah ditentukan.

“Paling tidak dampak langsungnya tidak melebihi radius 9 kilometer dan perluasan sektoral maksimum 12 kilometer dari gunung itu,” katanya saat dihubungi, Senin (25/9/2017).

Ditegaskan pula, meski tidak ada yang bisa memastikan kapan sebuah gunung akan meletus. Menurutnya, imbuan untuk mengungsi harus dijalankan. Ia tidak mau berandai-andai, bagaimana dampak yang ditimbulkan apabila Gunung Agung meletus.

“Ya seperti yang sudah diumumkan (pemerintah) itu. Karena itu, warga di kawasan bahaya itu harus mengungsi semua toh. Jangan berandai-andai di luar (jarak, red) itu. Kalau berandai-andai, salah sudah pasti dan jika benar hanyalah kebetulan,” jelasnya.

Berita tentang aktivitas Gunung Agung menjadi trending topic di mesin pencarian Google. Pantauan Obsessionnews.com di mesin Google Trends wilayah Indonesia Senin (25/9) hingga pukul 14.14 WIB berita tersebut dicari lebih dari 50.000 kali. (Albar)

Related posts

Komentar

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Situs ini menggunakan Akismet untuk mengurangi spam. Pelajari bagaimana data komentar Anda diproses.