Jumat, 19 April 24

Jika Jadi Wapres, Ma’ruf Amin Tetap Pakai Sarung

Jika Jadi Wapres, Ma’ruf Amin Tetap Pakai Sarung
* KH Ma'ruf Amin.

Jakarta, Obsessionnews.com – Rais Aam Pengurus Besar Nahdlatul Ulama (PBNU) KH Ma’ruf Amin memiliki penampilan berbeda dengan yang lain. Ia selalu menggunakan sarung dalam menjalankan aktivitas sehari-hari.

Alumnus Ponpes Tebuireng, Jombang, Jawa Timur,  ini lalu menceritakan, awal kali dipinang menjadi calon wakil presiden, kali pertama yang disinggung Jokowi adalah gaya busana sarung yang dikenakan Kiai Ma’ruf.

“Ketika diajak jadi calon wakil presiden, saya tanya: Apakah saya kalau jadi wakil presiden harus ganti celana?” tanya Kiai Ma’ruf dan langsung dijawab Jokowi.

“Oh tidak, pak kiai tetap seperti semula (bersarung),” kata Kiai Ma’ruf menirukan kalimat Jokowi waktu itu, Senin (3/9/2018).

Kiai Ma’ruf yang hari ini tengah menggelar safari politiknya ke sejumlah pesantren di Jawa Timur ditemani Ketua Umum DPP PKB Muhaimin Iskandar (Cak Imin) juga menyebut Jokowi menjamin tradisi sarung, dan akan menjadikan Kiai Ma’ruf sebagai wakil presiden pertama yang mengenakan sarung di lingkungan istana.

Karenanya, lanjut Kiai Ma’ruf, “Saya terima ini (pinangan Jokowi), karena ini kehormatan sebagai kiai dan santri, terutama sebagai Rais Aam Nahdlatul Ulama,” katanya.

Menurutnya, santri tidak boleh kaku. Tapi harus fleksibel di mana pun dia berada dan bekerja. Santri, katanya, bisa jadi kiai maupun pengusaha seperti Gus Dur. “Gus Dur (KH Abdurrahman Wahid) bisa jadi presiden. Santri tidak perlu ada rasa minder,” katanya.

Sebelumnya, Kiai Ma’ruf yang maju sebagai bakal Cawapres dari Jokowi di 2019, hari ini menggelar roadshow ke sejumlah pesantren di Jawa Timur. Ini sekaligus pamitan Kai Ma’ruf sebagai Rais Aam PBNU.

Ditemani Ketum DPP PKB, Muhaimin Sikandar dan salah satu pengurus PBNU, Robikin Emhas, kali pertama yang dikunjungi Kiai Maruf adalah Pesantren Lirboyo, kemudian lanjut ke Ponpes Al Falah, Ploso. (Albar)

Related posts

Komentar

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Situs ini menggunakan Akismet untuk mengurangi spam. Pelajari bagaimana data komentar Anda diproses.