Sabtu, 20 April 24

Jika Diurus Serius, Mandeh Bakal Dibanjiri Wisatawan

Jika Diurus Serius, Mandeh Bakal Dibanjiri Wisatawan
* Anggota DPD RI Emma Yohanna

Painan, Obsessionnews – Pemerintah Daerah Kabupaten Pesisir Selatan, Sumatera Barat, harus lebih serius mengembangkan wisata bahari Mandeh, terlebih kawasan itu sudah dikenal dan menarik bagi wisatawan serta mudah dijangkau.

Anggota Dewan Perwakilan Daerah (DPD) Republik Indonesia (RI) asal Sumbar, Emma Yohanna, mengatakan pengembangan wisata bahari Mandeh harus terarah dengan membagi sejumlah zonasi, seperti untuk wisata air, offroad, snorkeling dan diving serta kawasan untuk terbang layang.

“Apabila dikerjakan secara serius dan terarah, akan banyak dikunjungi wisatawan. Dengan demikian sektor ekonomi akan tumbuh dan berkembang yang hasilnya akan menambah pendapatan pemerintah.” kata Emma kepada obsessionnews.com saat pembukaan Mandeh Joy Sailing dan Festival Mandeh 2015, Sabtu (16/5).

Setelah Mandeh Joy Sailing 2014, kawasan wisata bahari Mandeh sudah booming, tidak hanya di kawasan nasional, juga sudah mendunia. Maka dari itu, untuk mengelola kawasan itu akan lebih mudah dengan mendatangkan investor.

Menurut Emma, investor yang akan diatangkan untuk mengelola kawasan wisata bahari Mandeh, di sektor penyediaan fasilitas, seperti perhotelan, dermaga, perumahan dan kuliner.

“Investor sangat membantu percepatan pembangunan Kawasan Wisata Bahari Terpadu (KWBT) Mandeh di Kecamatan Koto XI Tarusan, Kabupaten Pesisir Selatan,” ujar Emma.

Meski infrastruktur jalan sangat dibutuhkan untuk mempercepat akses ke lokasi, pemerintah berkewajiban untuk membangun jalan ke lokasi.

Mandeh-

Dalam kesempatan yang sama, Bupati Pesisir Selatan Nasrul Abit mengatakan, dorongan pemerintah pusat untuk pengembangan pariwisata mandeh sangat dibutuhkan. Ia berharap, Kementerian Pekerjaan Umum dan Perumahan Rakyat menganggarkan dana untuk meningkatkan pembangunan jalan menuju kawasan Mandeh, terutama dari lokasi hingga Sungai Pisang yang berbatasan dengan Kota Padang.

Apabila akses transportasi di jalur itu lancar, jarak tempuh dari Padang menuju Mandeh semakin cepat. Jalan tembus dari Mandeh hingga Sungai Pisang, Kota Padang sekitar 42 kilometer.

“Memang jalan tembus dari Sungai Pisang ke Mandeh sudah ada. Kita ingin, jalur itu diperlebar, sehingga aksesnya lebih mudah dan lancar,” kata Nasrul Abid. (Musthafa Ritonga)

Related posts

Komentar

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Situs ini menggunakan Akismet untuk mengurangi spam. Pelajari bagaimana data komentar Anda diproses.