Rabu, 21 Oktober 20

Jika Disuguhi Minum, Habiskan atau Jangan Diminum Sama Sekali!

Jika Disuguhi Minum, Habiskan atau Jangan Diminum Sama Sekali!
* Ilustrasi uguhan minum tamu. (Foto: ph)

Inilah kebiasan buruk yang sering kita lihat dalam sebuah acara, padahal tidak haus sama sekali tapi meminum hanya seteguk lalu meninggalkannya.

Adakah orang lain akan meminum air bekas kita, tentu jarang?!
Akan kemanakah air gelas sisa itu, tentu akan dibuang.

Anda tahu ada sebagian negara saudara kita rela berjalan ribuan kilo hanya untuk mendapatkan setetes air minum.

Itulah yang disebut israf/pemborosan.

Padahal Allah secara jelas mengelompokkan sesiapa yang berlaku israf sebagai golongan setan. “Dan berikanlah kepada keluarga-keluarga yang dekat hak mereka dan kepada orang miskin dan orang yang dalam perjalanan; dan janganlah kamu menghambur-hamburkan (hartamu) secara boros.
.
Sesungguhnya para pemboros itu adalah saudara-saudara setan dan setan itu adalah sangat ingkar kepada Tuhannya.” Al İsra’ 26-27. “… makan dan minumlah, dan janganlah berlebih-lebihan. Sesungguhnya Allah tidak menyukai orang-orang yang berlebih-lebihan.” Al A’raf 31.

Jadi, jika hanya haus sedikit, tahanlah sampai di rumah. Jika tak mampu menahan, minumlah dan bawalah bersamamu ketika hendak pulang. Jangan buat tuan rumah melakukan perbuatan israf dengan membuang-buang air bekas minuman kita karena ketidaktahuannya soal hukum israf.​

Hati-hati Allah tidak segan memberikan hukuman atas segala perbuatan kita termasuk israf, semisal banjir, berkurangnya atau bahkan hilangnya nikmat rejeki yang berkah, dan sebagainya. Oleh karena itu, kalau kita bertamu dan disuguhi minuman, maka minumlah dan minumnya jangan disisakan!!

(Red/Dari berbagai sumber)

Related posts

Komentar

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.