Kamis, 9 Februari 23

Jika Calon Panglima TNI Tunggal, DPR Bebaskan Fit And Proper Test

Jika Calon Panglima TNI Tunggal, DPR Bebaskan Fit And Proper Test
Jakarta, Obsessionnews – Anggota Komisi I DPR Ahmad Muzani, mengatakan sampai saat ini Presiden Joko Widodo (Jokowi) belum menyerahkan nama calon Panglima TNI, pengganti Jenderal Moeldoko yang akan pensiun akhir tahun ini, Desember 2015.
“Sampai sekarang Presiden belum mengajukan nama ke Komisi I. Kita menunggu seberapa jauh Istana membahas masalah ini‎,” ujar Muzani di DPR, Senin (1/6/2015).
Muzani menjelaskan, pemilihan calon Panglima TNI menjadi hak prerogatif Presiden. Nantinya, bila hanya ada satu calon tunggal, maka kemungkinan DPR tidak mengadakan uji kepatutan dan kelayakan atau fit and proprer test. DPR cukup mempertanyakan alasan kepada Presiden mengapa memilih satu orang calon.
“Dulu kita pernah mengajukan fit and Proper test kalau calonnya dua orang,” ‎terangnya.
Menurut Muzani, DP|R hanya memberikan persetujuan sesuai dengan UU TNI. Selebihnya, politisi Partai Gerindra ini berharap dengan adanya Panglima baru Indonesia bisa menjadi bangsa yang besar dengan dilengkapi persenjataan yang cangih. DPR juga berharap adanya panglima yang mampu menggerakkan dan merencanakan kegiatan TNI.
“Jadi, alutsista itu bagian dari penerjemahan visi misi calon Panglima TNI yang nanti akan dibahas di Komisi,” jelasnya.
Mengenai kriteria yang layak. Muzani tidak mau muluk-muluk yang penting bagi dia, calon harus sehat lahir batin, kemudian mampu membentuk karakter prajuritnya sebagai pembela negara‎. “Panglima besok juga harus bisa menyejahterakan prajuritnya,” terangnya.
Sebelumnya, ada tiga calon pangliam TNI yang disebut-sebut bakal dipilih oleh Presiden Jokowi. Pertama adalah, ‎Kepala Staf TNI Angkatan Udara Marsekal Agus Supriatna, Kedua, Kepala Staf Angkatan Darat Jenderal Gatot Nurmantyo, dan terakhir, Kepala Staf TNI Angkatan Laut Laksamana Ade Supandi. (Albar)

Related posts

Komentar

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Situs ini menggunakan Akismet untuk mengurangi spam. Pelajari bagaimana data komentar Anda diproses.