Minggu, 3 Maret 24

Jika AMIN Dipercaya Pimpin Indonesia, Harga Semua Komoditas Pangan Bisa Murah

Jika AMIN Dipercaya Pimpin Indonesia, Harga Semua Komoditas Pangan Bisa Murah
* Capres nomor urut 1 Anies Baswedan di lokasi kampanye perdana di Jalan Perjuangan Raya, Kelurahan Tugu Selatan, Jakarta Utara, Jakarta, Selasa (28/11/2023). (ANTARA/Donny Aditra)

Obsessionnews.com –  Juru Bicara Tim Nasional Pemenangan Anies Baswedan-Muhaimin Iskandar (AMIN) Reynaldi Sarijowan mengatakan, jika pasangan capres dan cawapres nomor urut 1 tersebut dipercaya memimpin bangsa Indonesia, maka penguatan produksi dalam negeri akan menjadi solusi untuk menyediakan pangan murah.

 

Baca juga: Anies dan Istri Kendarai Motor ke Lokasi Kampanye Pilpres 2024

“Jika Pak Anies terpilih menjadi presiden, maka harga semua komoditas pangan bisa murah dan terjangkau bagi masyarakat Indonesia,” kata Reynaldi saat dihubungi di Jakarta, Selasa (28/11/2023).

Menurut Reynaldi, capres Anies fokus mengupayakan penguatan produksi pangan dalam negeri agar kebutuhan dapat terpenuhi dengan baik.

Dia menjelaskan, ketika stok pangan tercukupi, maka jika ada permintaan tinggi sekalipun dapat terpenuhi, sehingga komoditas pangan tidak terganggu dan tetap bisa dibeli dengan murah.

Reynaldi mengatakan, desain pangan yang akan ditata dengan baik adalah solusi utama bagi ketersediaan, serta program itu akan melibatkan semua elemen, seperti ahli-ahli pertanian, petani, dan pedagang pasar.

Pemerintah nanti hadir untuk memastikan sentra-sentra pertanian memiliki kepastian untuk menanam dan menjual hasil panen langsung ke pasar tradisional.

Kemudian harga di tingkat petani tentu tidak akan jauh berbeda dengan harga di pasar tradisional.

“Petani kita sejahtera, pedagang pasar tersenyum lebar. Pak Anies dan Gus Iminlah jawaban atas segala sengkarut marut persoalan pangan di dalam negeri,” kata Reynaldi.

Sekretaris Jenderal Ikatan Pedagang Pasar Indonesia (IKAPPI) itu menambahkan, bahwa menjelang libur Natal 2023 dan Tahun Baru 2024, harga kebutuhan pokok merangkak naik, mulai dari beras, cabai, gula pasir, dan beberapa komoditas lain.

Seperti beras medium, kata Reynaldi, saat ini mencaoai Rp13.000 per kilogram; kemudian gula pasir yang awalnya Rp15.000 sekarang menjadi Rp18.000 per kilogram.

Cabai juga mengalami kenaikan, bahkan hingga di atas 100 persen. Cabai merah keriting sudah di angka Rp88.500 per kilogram, cabai besar Rp82.000 per kilogram, cabai rawit merah di kisaran Rp110.000 per kilogram.

Selanjutnya bawang merah sudah menyentuh di angka Rp34.000-35.000 per kilogram dan bawang putih tembus Rp41.000 per kilogram.

Komisi Pemilihan Umum (KPU) RI telah menetapkan tiga pasangan calon presiden dan wakil presiden sebagai peserta Pilpres 2024, yakni Anies Baswedan-Muhaimin Iskandar nomor urut 1, Prabowo Subianto-Gibran Rakabuming Raka nomor urut 2, dan Ganjar Pranowo-Mahfud MD nomor urut 3.

KPU juga telah menetapkan masa kampanye mulai 28 November 2023 hingga 10 Februari 2024, kemudian jadwal pemungutan suara pada tanggal 14 Februari 2024. (Antara/arh)

 

Related posts

Komentar

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Situs ini menggunakan Akismet untuk mengurangi spam. Pelajari bagaimana data komentar Anda diproses.