Selasa, 30 November 21

JFW dan TikTok Kerja Sama Hadirkan 70 Desainer di Jakarta Fashion Week 2022

JFW dan TikTok Kerja Sama Hadirkan 70 Desainer di Jakarta Fashion Week 2022
* Ilustrasi model JFW. (Foto: Instagram JFW)

Jakarta, obsessionnews.com – Jakarta Fashion Week 2022 bakal diselenggarakan selama 4 hari, mulai dari 25-28 November 2021 melalui beberapa livestreaming platform, seperti JFW.tv, YouTube Jakarta Fashion Week, live di Facebook Jakarta Fashion Week, Instagram, dan TikTok @jfwofficial.

Selain melibatkan lebih dari 70 desainer yang hadir dalam 16 show, Jakarta Fashion Week (JFW) berkolaborasi dengan beberapa pihak, salah satunya dengan TikTok. Tahun ini merupakan kali kedua JFW bekerja sama dengan TikTok yang menjadi wadah penyelenggaraan audisi Jakarta Fashion Week Model Search 2021 dan livestreaming platform JFW 2022 melalui aplikasi TikTok Live.

Kolaborasi JFW dan TikTok selama JFW Model Search 2021 tak hanya berhasil menjaring talenta-talenta baru di bidang modeling, tapi juga berhasil mengumpulkan puluhan juta views untuk hashtag challenge #inigayamodelJFW.

Ketua Umum JFW, yang juga Direktur Utama GCM Group Svida Alisjahbana mengatakan, meskipun baru dua kali menjalin kerja sama dengan TikTok, JFW sudah merasa memiliki chemistry yang sangat baik dengan TikTok. Saat berkolaborasi dengan TikTok di tahun lalu, penayangan JFW di 2020 menjadi fashion event pertama yang dihadirkan di TikTok Indonesia.

“Tiktok juga sudah menjadi partner penting bagi JFW untuk menyebarkan berita dari JFW ke seluruh Indonesia, bahkan dunia,” ujar Svida dalam keterangan tertulisnya, Jumat (19/11/2021).

Sementara itu, Marketing Operations Manager TikTok Indonesia Fandhy Thesia mengatakan, awalnya TikTok memang hanya menjadi livestreaming platform bagi JFW 2022. Akan tetapi, TikTok dipercaya bisa memberikan sesuatu yang lebih untuk para pencinta fashion karena TikTok sadar JFW lebih dari sebuah perayaan fashion di Tanah Air.

“Ditambah lagi, kami selalu ingin memberikan konten-konten yang menginspirasi. Itulah mengapa TikTok tertarik untuk kembali bekerja sama dengan JFW,” ungkap Fandhy.

Lebih spesial lagi, TikTok siap menghadirkan show penuh makna di panggung Jakarta Fashion Week 2022 dengan menghadirkan dua label ternama Tanah Air, yaitu Danjyo Hiyoji dan Sejauh Mata Memandang. Kerja sama ini tak hanya sementara, kolaborasi antara TikTok bersama dengan Danjyo Hiyoji dan Sejauh Mata Memandang juga menyimpan kampanye bersifat positif.

“Mengingat fashion adalah salah satu konten di TikTok yang diminati oleh banyak orang, kami terpikir untuk membuat koleksi khusus bersama Danjyo Hiyoji dan Sejauh Mata Memandang, yang namanya memang sudah besar di ranah fashion,” ucap Fandhy.

Dia berharap, dengan kolaborasi ini dapat menyadarkan masyarakat akan isu-isu sosial di sekitar, seperti menjaga lingkungan lewat koleksi-koleksi Sejauh Mata Memandang, serta isu cyber bullying yang kerap terjadi juga bagaimana merasa lebih percaya diri melalui koleksi Danjyo Hiyoji.

Dengan begitu, Co-Founder and Director Danjyo Hiyoji Dana Maulana mengaku senang rasanya saat tahu fashion menjadi salah satu konten terbanyak di TikTok dan diajak kolaborasi oleh TikTok untuk membuat koleksi khusus.

“Kami langsung bersemangat memikirkan ide seperti apa yang harus dituangkan dalam menciptakan koleksi ini karena kami ingin ada cerita di setiap koleksi, termasuk koleksi khusus bersama TikTok ini,” kata Dana.

Hal senada juga disampaikan oleh Founder and Creative Director Sejauh Mata Memandang Chitra Subyakto. Dia mengatakan, saat dihubungi oleh TikTok, dirinya merasa jadi muda kembali karena harus mulai mempelajari tentang TikTok dan tren konten apa yang biasa dihadirkan di TikTok.

“Apalagi sekarang TikTok menjadi salah satu media sosial yang paling banyak digunakan,” jelas Chitra.

Selain meluncurkan koleksi khusus dari Danjyo Hiyoji dan Sejauh Mata Memandang, TikTok akan menghadirkan dua hashtag challenge yang juga berkolaborasi dengan Sejauh Mata Memandang dan Danjyo Hiyoji, yaitu #SejauhManaKamuPeduli dan #ThisIsMyBoldMove, dengan konten berfokus pada isu-isu sosial.

Melalui langkah awal dengan mengembangkan konten fashion di TikTok dan bekerja sama dengan JFW, ke depannya TikTok berharap akan selalu memberdayakan desainer fashion lokal dan komunitas fashion di TikTok. (Poy)

Related posts

Komentar

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Situs ini menggunakan Akismet untuk mengurangi spam. Pelajari bagaimana data komentar Anda diproses.