Senin, 8 Agustus 22

Jepang Ciptakan Rumah Tahan Banjir yang Bisa Mengapung

Jepang Ciptakan Rumah Tahan Banjir yang Bisa Mengapung
* Rumah tahan banjir ciptaan insinyur Jepang. (YouTube SBSnews6)

Wow! Insinyur Jepang ciptajan rumah tahan banjir. Meski awalnya terlihat seperti rumah biasa, namun ketika ketinggian air mulai naik di sekitarnya, bangunan tersebut ikut terangkat hingga akhirnya mengapung.

Tak hanya gempa bumi, pengembang rumah asal Jepang, Ichijo Komuten juga bereksperimen menciptakan hunian yang tahan banjir. Tidak hanya tahan dari terjangan air banjir, inovasi rumah ini juga diklaim dapat mengapung di atas tanah.

Rumah tahan banjir ini sukses mencuri perhatian publik setelah tayang di salah satu acara TV Jepang.

Melansir Oddity Central, rekaman tayangan stasiun televisi itu memperlihatkan kemampuan rumah yang bisa bertahan menghadapi simulasi banjir.

Walaupun terlihat seperti bangunan biasa, rumah ini memperlihatkan keunggulannya ketika ketinggian air mulai naik di sekitarnya. Bangunan yang tadinya menapak di atas tanah tiba-tiba ikut terangkat ketika air menerjang bahkan bisa mengapung tanpa membuatnya rubuh.

Struktur Bangunan Rumah
Dijelaskan rumah itu dibangun dengan beberapa batang besi tebal yang mencuat dari tanah dengan rantai besar yang membuatnya bertahan di tempatnya saat terjadi banjir. Ketika air telah surut, rumah terapung itu akan kembali turun ke posisi semula.

Rumah tahan banjir ini juga dilengkapi ventilasi khusus yang otomatis tertutup jika datang banjir. Sementara bagian pipa ledeng dirancang memiliki katup khusus yang mencegah air masuk ke rumah.

Bisa Mengapung di Atas 5 Meter
Untuk menghindari terjadi arus pendek, peralatan listrik seperti AC ditempatkan di bagian atas bangunan sehingga dipastikan air tidak dapat menjangkaunya.

Menurut para insinyur di Ichijo Komuten, kebanyakan rumah pada umumnya akan tergenang ketika air setinggi jendela.

Tetapi karena tahan banjir, rumah tersebut bisa mengapung hingga lima meter di atas tanah, sehingga air tidak mungkin mencapai jendela karena segala celah bisa tertutup rapat.

Harga Rumah
Pengguna jasa yang ingin mengubah desain rumah mereka menjadi rumah tahan banjir ini akan dikenakan biaya tambahan sebesar 770 ribu yen atau sekitar Rp84,7 jutaan.

Ichijo Komuten merupakan salah satu pengembang perumahan terbesar di Jepang berhasil masuk ke dalam Guiness World of Record dalam dua tahun terkahir berkat pabrik bahan perumahan dan perusahaan rumah kustom paling sukses. (Dream.co.id/Red)

Related posts

Komentar

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.

Situs ini menggunakan Akismet untuk mengurangi spam. Pelajari bagaimana data komentar Anda diproses.