Rabu, 25 November 20

Jenderal (Purn) Djoko Santoso : Komcad Bukan Militerisasi

Jenderal (Purn) Djoko Santoso : Komcad Bukan Militerisasi

Djoko Santoso (ist)

Rudi

Jakarta-Mantan Panglima TNI Jenderal (Purn) Djoko Santoso mengatakan RUU Komponen Cadangan Pertahanan Negara (Komcad) bukanlah tindakan militerisasi atas masyarakat sipil, tetapi hanya bagian dari sistem pertahanan. “Itu bagian dari sistem pertahanan, tidak ada kaitan dengan militerisme,” katanya dalam diskusi bertajuk  Tantangan Aktualisasi Nilai-nilai Pancasila di komplek parlemen, Senin (3/6/2013).

Menurutnya, wajib militer merupakan bagian dari usaha negara untuk mempersiapkan diri bila suatu waktu keamanan dalam negeri terganggu dari serangan luar negeri. Untuk itu, ujarnya, perlu satu persiapan sebagai bentuk tindakan poreventif.

“Wajib militer itu cadangan kekuatan bila negara terancam. Tentu persiapan itu dilakukan pada masa tenang seperti sekarang.”

RUU Komcad yang menjadi insiatif pemerintah menuai kritikan dari berbagai kalangan. RUU yang drafnya diserahkan Pemerintah ke DPR pada 2010 itu dinilai sebagian kalangan sangat diskriminatif. Salah satu alasan mereka adalah mengapa wajib militer hanya dikenakan pada pegawai negeri sipil, pekerja dan/atau buruh.

Related posts

Komentar

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.