Rabu, 20 Oktober 21

Jembatan Tayan Percepat Lalu Lintas Barang di Kalimantan

Jembatan Tayan Percepat Lalu Lintas Barang di Kalimantan
* Presiden Jokowi meresmikan beroperasinya jembatan Pak Kasih Tayan di Kabupaten Sanggau, Kalimantan Barat (Kalbar), Selasa (22/3/2016).

Sanggau, Obsessionnews – Presiden Jokowi mengingatkan bahwa tujuan dari berbagai pembangunan infrastruktur adalah untuk menghadirkan manfaat nyata bagi rakyat. Infrastruktur jembatan misalnya diharapkan akan membuat pergerakan barang dan manusia menjadi lebih lancar.

“Dan ujungnya rakyat akan mendapat harga barang dan jasa yang lebih murah,” kata Presiden saat meresmikan beroperasinya jembatan Pak Kasih Tayan di Kabupaten Sanggau, Kalimantan Barat (Kalbar), Selasa (22/3/2016).

Masyarakat, lanjut Presiden, juga merasakan kehadiran jembatan Pak Kasih Tayan di Kabupaten Sanggau. Keseriusan pemerintah dalam membangun jembatan ini ditunjukkan dengan pengerjaan yang sangat cepat hingga menggunakan tiga shift, pagi-siang-malam karena sangat dibutuhkan masyarakat.

“Sebelum ada jembatan ini, mobil dan motor harus bayar Rp. 200.000. Artinya masyarakat mendapat keuntungan karena tadinya bayar, sekarang tidak,” ujar Presiden.

Jembatan Pak Kasih Tayan yang diresmikan hari ini merupakan bagian dari jalur Trans Kalimantan. Ini merupakan jembatan terpanjang di Kalimantan dengan total panjang 1.650 m. Jembatan ini menghubungkan Provinsi Kalimantan Barat di bagian Utara, dengan Provinsi Kalimantan Tengah di bagian Selatan.

Jembatan yang memiliki dua bentang utama, pertama panjangnya 430 meter dan bentang kedua mencapai 1.220 meter dengan lebar 11 m. Kelak jembatan ini akan turut menjadi objek wisata bagi masyarakat sekitar sehingga memiliki banyak fungsi bagi masyarakat, serta mempunyai multiplier effect yang menguntungkan masyarakat.

Ke depan, kehadiran jembatan ini diharapkan mendorong produk-produk asli Sanggau, asli Kalimantan Barat yang dapat dipasarkan di provinsi Kalimantan yang lain. (Has)

Related posts

Komentar

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Situs ini menggunakan Akismet untuk mengurangi spam. Pelajari bagaimana data komentar Anda diproses.