Jumat, 22 Januari 21

Jembatan Gantung Segera Selesai, Warga di Desa Cikokol Sambut Gembira

Jembatan Gantung Segera Selesai, Warga di Desa Cikokol Sambut Gembira
* Kondisi jembatan lama yang akan dibongkar digantikan jembatan gantung baru (foto : PUPR)

Serang, Obsessionnews.com – Warga di dua desa yaitu Desa Mekar Jaya dan Desa Cikokol di Kecamatan Petir, Kabupaten Serang, Provinsi Banten akhirnya bisa bernapas lega. Dalam waktu dekat jembatan penghubung antar dua desa tersebut sudah bisa dilewati kembali. Hal itu karena saat ini telah dilakukan pekerjaan pembangunan jembatan gantung. Sebelumnya jembatan yang mengubungkan dua desa tersebut hanya kecil dan minim keamanan serta penerangan. Akibatnya banyak warga yang terjatuh ke sungai saat melintasi.

Jembatan yang tengah dibangun tersebut dilakukan oleh Kementerian Pekerjaan Umum dan Perumahan Rakyat (PUPR) melalui Balai Pelaksana Jalan Nasional (BPJN) wilayah Banten. Jembatan tersebut merupakan usulan dari Komisi V DPR-RI dapil Banten, dimana kondisi jembatan sebelumnya, memang sangat memprihatinkan sebab ketika terjadi hujan lebat, jembatan lama tertutup air sungai yang meluap sehingga warga harus memutar jalan yang relatif jauh jika mau ke desa sebelahnya.

“(Pembangunan jembatan) ini, merupakan usulan dari Komisi V DPR-RI dari Banten, salah satunya jembatan ini, setelah itu dari balai melakukan survei tentang kelayakannya,” ungkap Kepala Balai Pelaksana Jalan Nasional Banten, Wida Nurfaida, didampingi Kasatker PJN 1 Banten, Jonathan Hendrik, saat meninjau lokasi pembangunan jembatan di Desa Mekar Jaya, Kecamatan Petir, Kabupaten Serang.

Wida menjelaskan, jembatan tersebut dibangun dengan biaya senilai Rp2,6 miliar yang berasal dari pagu anggaran tahun 2020. Secara kontraktual, jembatan gantung Mekar Jaya tersebut dibangun dalam kurun waktu 112 hari kerja, dan ditargetkan selesai pada 31 Desember 2020 mendatang.

“Tapi kami minta dipercepat sebelum tanggal 20 Desember, dengan nilai kontrak Rp2,6 Miliar,” tuturnya.

Sementara menurut, Mudzakir, Kepala Desa, Mekar Baru, Kecamatan Petir, Kabupatan Serang menyampaikan terima kasih yang begitu dalam kepada pemerintah yang telah menunjukkan kepedulian dengan membangunkan jembatan gantung. Dia berharap masyarakat di dua desa bisa dengan leluasa  melintasi jembatan tersebut ketika sudah diresmikan. Dengan keberadaan jembatan itu masyarakat di desanya dipastikan akan lebih mudah melakukan mobilisasi atau mengangkut hasil bumi.

“Terimakasih atas perhatiannya, nanti jembatan ini pasti akan bermanfaat bagi kami terutama mengangkut hasil bumi seperti ubi dan lainnya,” tuturnya.

Dia berharap, dengan selesainya pembangunan jembatan gantung Mekar Jaya ini, aktifitas warga menjadi lebih mudah, khususnya dalam mengangkut hasil bumi, serta kedepannya dapat menunjang pariwisata di wilayah tersebut.

“Dengan kontruksi jembatan baru yang cukup tinggi dan lebih kokoh, sebagai solusi untuk menyelesaikan kendala akses jembatan antar Desa ini, kami sangat berterima kasih,” pungkasnya. (Has)

 

 

Related posts

Komentar

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.