Rabu, 20 Oktober 21

Jelang PON XX Sandiaga Uno Ajak Wisatawan Beli Produk Ekonomi Kreatif Lokal Papua

Jelang PON XX Sandiaga Uno Ajak Wisatawan Beli Produk Ekonomi Kreatif Lokal Papua
* Menteri Pariwisata dan Ekonomi Kreatif/Kepala Badan Pariwisata dan Ekonomi Kreatif Sandiaga Salahuddin Uno tiba di Provinsi Papua dalam rangka kunjungan kerja untuk mendukung dan meninjau beberapa lokasi perhelatan Pekan Olahraga Nasional (PON) XX Papua 2021. (Foto: Kemenparekraf)

Jayapura, obsessionnews.comMenteri Pariwisata dan Ekonomi Kreatif/Kepala Badan Pariwisata dan Ekonomi Kreatif Sandiaga Salahuddin Uno tiba di Provinsi Papua dalam rangka kunjungan kerja untuk mendukung dan meninjau beberapa lokasi perhelatan Pekan Olahraga Nasional (PON) XX Papua 2021. Termasuk meninjau ‘Sentra Vaksinasi Serbuan Maritim’ hasil kolaborasi dengan TNI Angkatan Laut serta stakeholder pariwisata dan ekonomi kreatif lainnya.

Sandiaga meninjau ‘Sentra Vaksinasi Serbuan Maritim’ di Astra Motor, Entrop, Jayapura, Rabu (21/9/2021), mengapresiasi kolaborasi Kemenparekraf, Kemenkes, bersama dengan TNI AL dan KOLINLAMIL, Universitas Cendana, Pemuda Adat Papua, PCNU Jayapura, GBI Glow, GP Ansor Jayapura, EIGER Adventure, dan Astra Motor Entrop (sebagai penyedia lokasi) atas perannya dalam menyukseskan program vaksinasi nasional. Vaksinasi juga menjadi bagian penting dalam menyukseskan penyelenggaraan PON XX di Bumi Cendrawasih yang akan berlangsung pada 2 hingga 15 Oktober 2021.

“Serbuan vaksinasi ini termasuk untuk menyukseskan gelaran PON XX. Vaksinasi harus kita tingkatkan, agar ekonomi kembali bergerak, dan masyarakat terbantukan, sehingga lapangan kerja kembali terbuka seluas-luasnya,” katanya.

Menparekraf Sandiaga Uno mengajak wisatawan untuk membeli produk-produk ekonomi kreatif lokal hasil karya “pace dan mace” (panggilan untuk pria dan wanita di Papua), agar membantu produk-produk lokal dan kembali meningkatkan perekonomian masyarakat.

“Saya juga ingin mengajak secara khusus para atlet untuk bisa menikmati keindahan alam Papua dan keramahan Pace dan Mace semua, produk kreatif lokal Papua sebagai buah tangan untuk keluarga di rumah, beli noken, beli kerajinan tangan dan beli suvenir yang ada di sini, jadilah ‘Rojali’ rombongan jadi beli jangan jadi Rohali ‘rombongan hanya lihat-lihat,” ajak Sandiaga.

Dalam kesempatan tersebut, hadir mendampingi Menparekraf antara lain Komandan Lantamal X Jayapura, Brigjen TNI (Mar) Feriyanto P. Marpaung, Rektor Universitas Cendrawasih, Dr. Ir. Apolo Safanpo, Direktur Astra Motor Entrop, Irfan Dwi. S, Perwakilan Pemuda Adat Papua, Perwakilan PCNU Jayapura, Perwakilan GP Ansor Jayapura, Staf Ahli Menteri Bidang Manajemen Krisis Henky Manurung.

Selain itu ada Staf Khusus Menparekraf Bidang Pengamanan Destinasi Wisata dan Isu-isu Strategis Brigjen TNI Ario Prawiseso, Staf Khusus Menparekraf Bidang Akuntabilitas, Pengawasan dan Reformasi Birokrasi, Irjen Pol Krisnandi, serta Sekretaris Kementerian Pariwisata dan Ekonomi Kreatif/Sekretaris Utama Badan Pariwisata dan Ekonomi Kreatif, Ni Wayan Giri Adnyani.

Sementera itu, Komandan Lantamal X Jayapura, Brigjen TNI (Mar) Feriyanto P. Marpaung menjelaskan, pihaknya sudah menjalankan program serbuan vaksin sejak 26 Juni 2021 sebagai upaya mencapai target yang ditetapkan pemerintah. Yakni sebesar 70 persen masyarakat Papua sudah tervaksin COVID-19 sebelum PON XX diselenggarakan.

“Hari ini serbuan vaksin sudah berjalan 2 bulan 26 hari. Sampai dengan kemarin, jumlah masyarakat yang sudah kami vaksin sebanyak 24 ribu. Saat ini sudah mencapai 65 persen masyarakat yang tervaksin, kita optimistis angka 70 persen akan tercapai,” katanya. (Poy)

Related posts

Komentar

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Situs ini menggunakan Akismet untuk mengurangi spam. Pelajari bagaimana data komentar Anda diproses.