Jumat, 26 April 19

Jelang Lebaran, Tol Pejagan-Brebes Timur Siap Beroperasi

Jelang Lebaran, Tol Pejagan-Brebes Timur Siap Beroperasi

Brebes, Obsessionnews.com – Persiapan menjelang arus mudik lebaran Idul Fitri 2016 terus dilakukan. Tak terkecuali jalan tol yang selalu menjadi primadona bagi para pengguna jalur darat di Pulau Jawa.

Salah satu jalan tol yang siap dioperasikan adalah Tol Pejagan-Brebes Timur. Rencananya ruas tol sepanjang 20,2 kilometer ini akan diresmikan Presiden Joko Widodo dan akan operasikan pada pertengahan Juni 2016.

”Secara keseluruhan ruas tol ini layak untuk dilintasi,” ungkap Kepala Badan Pengatur Jalan Tol (BPJT), Herry Trisaputra Zuna, ketika meninjau kesiapan pengoperasian Tol Pejagan-Brebes Timur, di Brebes, Jawa Tengah (Jateng), Selasa (14/6/2016).

Herry menuturkan, dengan dioperasikannya tol Pejagan-Berebes Timur ini diharapkan bisa membantu kelancaran arus mudik Lebaran. Meski Herry berprediksi jika tahun ini jumlah kendaraan yang melalui tol Pejagan akan berkurang dibandingkan tahun sebelumnya.

“Kendaraan yang keluar pintu tol Pejagan untuk menuju jalur Selatan diprediksi sekitar 30 persen dan yang keluar di pintu tol Brebes Timur sekitar 70 persen,” katanya.

Untuk menilai kelayakan operasinya, menurut Herry, Tim Layak Operasi yang merupakan gabungan dari BPJT, Kementrian Perhubungan (Kemenhub), Kepolisian, Kementerian PUPR, serta  Kementerian BUMN, tengah menjalankan tugasnya. Nantinya, tim tersebut akan memberikan rekomendasi layak dan tidaknya tol tersebut beroperasi.

‘Penilaian itu mencakup kekerasan jalan, kekesatan jalan, dan pengaman bagian jalan di pinggirnya. Penilaian dari Tim Layak Operasi juga bisa merekomendasikan keluarnya tarif tol. Masalah tarif menjadi wewenang Meneri PUPR. Diperkirakan besaran tarif tol dari Pejagan-Berebes Timur yakni Rp20 ribu,” terang Herry.

Tol Pejagan-Brebes Timur merupakan Seksi I dan II yang menjadi bagian dari tol Pejagan-Pemalang sepanjang 57,50 Km. Pembangunan tol ini terdiri dari empat seksi yaitu Seksi I yakni Pejagan-Brebes Barat sepanjang 14,20 Km, Seksi II yakni Brebes Barat-Brebes Timur sepanjang 6 Km.

Sementara Seksi III, yakni tol Brebes Timur-Tegal Timur sepanjang 10,40 Km dan seksi IV yakni tol Tegal Timur-Pemalang sepanjang 26,90 Km. Jalan tol ini merupakan bagian dari Jalan Tol Trans Jawa yang akan menghubungkan Merak, Banten hingga Banyuwangi, Jawa Timur. (Fath @imam_fath)

Related posts

Komentar

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.