Senin, 29 November 21

Jelang Lebaran, PT KAI Sediakan Tiket Tambahan

Jelang Lebaran, PT KAI Sediakan Tiket Tambahan
* Manajer Humas PT KAI Daop 4 Semarang Suprapto. (Foto: Yusuf IH/obsessionnews.com)

Semarang, Obsessionnews – Semakin mendekatnya Lebaran atau Hari Raya Idul Fitri  tentu berdampak pada pemesanan tiket transportasi. Tak terkecuali kereta api (KA) sebagai media mudik paling favorit.

Guna menjawab tingginya permintaan moda transportasi kereta api pada  Lebaran tahun 2015, PT Kereta Api Indonesia (KAI) membuka penjualan tiket tambahan dengan memaksimalkan seluruh ketersediaan sarana.

“Penjualan tiket kereta tambahan akan dibuka mulai 11 Mei pukul 00.01 WIB,” kata Manager Humas PT KAI Daerah Operasi (Daop) 4 Semarang Suprapto kepada obsessionnews.com di Semarang, Sabtu (9/5/2015).

Tiket tambahan diperuntukkan bagi keberangkatan H-7 dan H-1,yakni tanggal 10-16 Juli 2015. Sementara pemesanan bagi arus balik H+1 sampai dengan H+8 ,yaitu tanggal 17-26 Juli 2015, akan dibuka pada tanggal 18 Mei pukul 00.01 WIB.

Kereta api ekonomi PSO akan dioperasikan selama 16 hari mulai tanggal 10 sampai 25 Juli.

PT KAI juga tengah mempersiapkan tambahan 15 kereta yang terdiri 7 kereta kelas eksekutif dan bisnis, 1 kereta kelas ekonomi komersial, dan 7 kereta kelas ekonomi subsidi (PSO).

“Ke-15 kereta tersebut akan melayani 30 perjalanan dengan total kapasitas tempat duduk 18.760 seat per hari,” ujar Suprapto.

Sedangkan untuk wilayah Daop 4 Semarang, sebanyak 6 kereta tambahan akan melintas dan melayani 12 perjalanan dengan total tempat duduk 8.568 buah perhari. KA tersebut berjenis 4 kereta ekonomi PSO dan 2 kereta komersial.

KA-

Adapun rincian kereta api tambahan di wilayah Daop 4 semarang adalah sebagai berikut: KA Gajayana Lebaran jurusan Malang – Gambir, dan terdiri dari 350 seat setiap perjalanan; KA Sembrani Lebaran jurusan Surabaya Pasar Turi – Gambir, dan terdiri dari 350 seat setiap perjalanan; KA Tawang Jaya Lebaran jurusan Semarang Poncol – Pasar Senen, dan terdiri dari 896 seat setiap perjalanan.

Kemudian; KA Matarmaja Lebaran jurusan Malang – Pasar Senen, dan terdiri dari 896 seat setiap perjalanan; KA Kertajaya Lebaran jurusan Surabaya Pasar Turi – Tanjung Priok, dan terdiri dari 896 seat setiap perjalanan; dan KA Mantap Lebaran jurusan Madiun – Pasar Senen, dan terdiri dari 896 seat setiap perjalanan.

Pembelian tiket dapat dilakukan di Contact Center 121, website kereta-api.co.id, aplikasi KAI Access pada ponsel, minimarket, kantor pos, kantor pegadaian, agen resmi tiket, mesin e-kios, dan berbagai channel resmi lainnya.

“Setelah berhasil melakukan pemesanan, masyarakat diharap segera melakukan pencetakan tiket di mesin Cetak Tiket Mandiri (CTM) di stasiun untuk menghindari hilangnya struk pembayaran dan antrian panjang mencetak tiket sewaktu keberangkatan,” pungkas Suprapto. (Yusuf IH)

Related posts

Komentar

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Situs ini menggunakan Akismet untuk mengurangi spam. Pelajari bagaimana data komentar Anda diproses.