Senin, 29 November 21

Jelang Eksekusi, Zainal Abidin Beri 2 Pesan untuk Anaknya

Jelang Eksekusi, Zainal Abidin Beri 2 Pesan untuk Anaknya

Cilacap, Obsessionnews – Jelang eksekusi mati pada pada dini hari nanti, terpidana kasus kepemilikan ‎ganja, Zainal Abidin, sudah berada di ruang isolasi Lapas besi Nusakambangan Cilacap. Ia pun sudah tidak bisa lagi bertemu kedua anaknya untuk terakhir kalinya.

Melalui adiknya, Iwan Setiawan menuturkan, Zainal hanya menitipkan dua pesan kepada kedua anaknya Tiara dan Roy, agar rajin beribadah dan sekolah. Zainal meminta maaf kepada semua keluarga besarnya karena telah memberikan kekecewaan atas perbuatanya.

“Mas Zainal hanya berpesan supaya anaknya rajin ibadah dan sekolah,” ujar Iwan di Wijaya Pura, Nusakambangan Cilacap, Selasa (28/4/2015).

Selain itu, permintaan terakhir Zainal kepada keluarganya, untuk selalu didoakan semoga segala dosa dan kesalahannya diampuni, serta amal ibadahnya diterima oleh Tuhan-Nya. Iwan, mengaku, selama di dalam tahanan, Zainal menghabiskan waktunya hanya untuk ibadah dan berzikir.

“Terakhir, Zainal juga meminta kepada keluarga agar selalu didoakan,” katanya.

Zainal Abidin adalah terpidana kasus narkoba karena terbukti telah menyimpan ganja sebesar 58,7 kilogram pada tahun 2000. Pada pengadilan tingkat pertama Zainal divonis 15 tahun penjara.

Ia kemudian, mengajukan banding ke Pengadilan Tinggi Palembang. ‎Namun sayang, hukuman terhadap Zainal justru diperberat. Pada tahun 2001 ia dijatuhi hukuman mati. Dan vonis hukuman mati itu diperkuat pada 3 Desember 2001 oleh Mahkamah Agung.

Upaya hukum masih terus dilakukan oleh Zaenal dengan mengajukan Peninjauan Kembali ke Pengadilan Tinggi Palembang. Namun tetap saja upaya itu gagal, karena MA tidak pernah memberikan jawaban selama lima tahun, hingga akhirnya Presiden Joko Widodo menolak grasi yang diajukan oleh Zainal. (Albar)

Related posts

Komentar

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Situs ini menggunakan Akismet untuk mengurangi spam. Pelajari bagaimana data komentar Anda diproses.