Selasa, 29 November 22

JCH Diminta Persiapkan Fisik Selama Ibadah Haji

JCH Diminta Persiapkan Fisik Selama Ibadah Haji

Padang, Obsessionnews – Jamaah Calon Haji (JCH) asal Sumatera Barat diminta untuk menyiapkan fisik, karena cuaca di tanah suci bisa menyebabkan heat stroke atau sengatan panas yang memicu dehidrasi, bahkan kematian akibat lemas kehabisan tenaga.

Kepala Bidang (Kabid) Haji dan Umrah Kantor Wilayah Kementerian Agama (Kanwil Kemenag) Sumatera Barat (Sumbar), Syamsuir mengatakan, jelang pelaksanaan ibadah haji 1436 Hijriah, suhu udara di tanah suci rata-rata 42-45 derajat celcius, bahkan diprediksi bisa mencapai 48 derajat celcius.

Sebagai antisipasi untuk menghindarkan JCH dari kemungkinan heat stroke, sebelum diterbangkan ke tanah suci seluruh jamaah calon haji akan dibekali kipas angin air portable untuk digunakan sebagai pendingin.

“Cuaca di tanah suci sangat panas. Untuk itu sebelum jamaah berangkat, masing-masing diberikan kipas air genggam yang akan digunakan sebagai pendingin, dengan disemprotkan ke wajah dan kepala,” kata Syamsuir, Selasa (18/8).

Selain dibekali dengan kipas pendingin portable, agar tidak terserang sengatan panas berlebih, jamaah diharuskan untuk mengatur waktu ibadah dan mengurangi aktivitas luar ruangan terutaman untuk keperluan yang tidak penting.

Jumlah jamaah calon haji yang diberangkatkan dari Embarkasi Haji Padang tahun ini sebanyak 4.946 JCH yang terbagi dalam 11 kelompok terbang atau kloter. Sesuai jadwal, JCH mulai masuk asrama pada 20 Agustus 2015 dan berangkat pada Sabtu 21 Agustus. JCH kloter 1 yang berangkat berasal dari Kota Padang seluruhnya berjumlah 460 orang. (Musthafa Ritonga)

Related posts

Komentar

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.

Situs ini menggunakan Akismet untuk mengurangi spam. Pelajari bagaimana data komentar Anda diproses.