Sabtu, 20 April 24

Jawa Timur Pusat Batik Nasional

Jawa Timur Pusat Batik Nasional

Surabaya, Obsessionnews – Batik yang menjadi ikon Indonesia ke dunia pangsa pasarnya sudah merambah ke desain anak muda. Bahkan, banyak motif batik yang sudah menjadi tren mode terkini baik di masyarakat perkotaan maupun di pelosok – pelosok.

Yasmin Oktavia, Duta Batik Jawa Timur, mengatakan, batik merupakan warisan budaya bangsa yang harus dilestarikan. Hal ini dikarenakan, Indonesia mempunyai jenis dan motif berbeda setiap daerah.

“Batik warisan bidaya yang dimiliki indo, kita lestarikan batik di Jatim,” ungkap wanita yang Runner Up Putri Indonesia Jawa Timur 2015 di Pameran Batik Bordir dan Aksesoris 2016 di Grand City Surabaya, Jumat (13/5/2016).

batik N2

Menurut Yasmin, setiap motif atau corak di batik mempunyai filosofi khusus. Jatim mempunyai 38 karakter batik. Dan menjadi salah satu daerah dengan jumlah motif terbanyak di Indonesia.

Saka, salah satu perwakilan duta batik asal Malang mengatakan, batik jeruju menjadi motif yang sering diminati oleh pecinta batik nasional maupun mancanegara. Selain itu, banyak motif dengan banyak ikon di Malang, seperti Singosari, Anggrek dan motif khas Malang lainnya.

“Batik Jeruju memang harganya agak mahal, karena karakter dan kualitasnya sangat bagus,” terangnya. (Rud)

batik N3

Related posts

Komentar

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Situs ini menggunakan Akismet untuk mengurangi spam. Pelajari bagaimana data komentar Anda diproses.