Kamis, 29 Oktober 20

Jasa Ciputra Lahirkan Atlet Bulu Tangkis Kelas Dunia

Jasa Ciputra Lahirkan Atlet Bulu Tangkis Kelas Dunia
* Dr. Ir Ciputra. (Foto; Maketeers)

Jakarta, Obsessionnews.com – Meski dikenal sebagai pengusaha properti Dr Ir Ciputra juga dikenal sebagai bos media yang cinta dunia olahraga. Ia tercatat sebagai salah satu orang yang punya jasa besar dalam membesarkan bulu tangkis Indonesia.

 

Baca juga: Mengenal Ciputra Konglomerat Properti Sekaligus Bos Media

 

Melalui klub PB Jaya Raya ia turut terlibat membesarkan lembaga pendidikan bulu tangkis dalam melahirkan atlet-atlet berbakat. Saat itu berkerja sama dengan Gubernur DKI Jakarta Ali Sadikin pada 1975.

Ciputra bersedia terlibat dalam kepengurusan Jaya Raya menyusul keberhasilan Rudy Hartono menjuarai All England 1975. Gelar bergengsi yang sudah sering diraih Rudy

Jaya Raya sebenarnya juga mendirikan klub atletik dan sepak bola. Pembinaan kedua cabang olahraga tersebut agak terbengkalai karena Ciputra lebih fokus membina bulu tangkis.

Merujuk laman resmi Jaya Raya, Ciputra akhirnya memutuskan untuk membubarkan klub atletik dan sepak bola. Sebab, kedua cabang itu dianggap sulit untuk melahirkan atlet juara dunia.

Dengan berat hati Ali Sadikin menerima keputusan Ciputra, meskipun saat itu tim sepak bola Jayakarta telah berhasil menjadi juara di level nasional. Namun Ciputra tak bergeming.

Ciputra menilai olah raga yang berprestasi di level nasional bisa dipegang orang lain. Sementara dia ingin serius dan fokus membina bulu tangkis yang mampu berprestasi di level dunia.

Keputusan Ciputra membubarkan dua cabang olahraga tersebut sempat mendapat kritik pedas dari media dan dianggap tidak nasionalis. Namun, Ciputra tetap pada pendiriannya untuk membantu bulu tangkis berprestasi di ajang internasional.

Semula Jaya Raya menggunakan Hall A di Gor Kuningan, Jakarta Selatan, dan dilatih Retno Kustiyah. Peran Retno tidak hanya sebagai pelatih tapi juga supir yang mengantar para pemain ke tempat latihan. (Albar)

Related posts

Komentar

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.