Rabu, 25 Mei 22

‘Jas Merah dari Pulau Jawa’ Keliling di 8 Kota

‘Jas Merah dari Pulau Jawa’ Keliling  di 8 Kota
* Teater Keliling mementaskan 'Jas Merah dari Pulau Jawa'.

Jakarta, Obsessionnews – Teater Keliling yang didukung oleh Bakti Budaya Djarum Foundation mempersembahkan pertunjukan drama bertema nasionalisme bertajuk Jas Merah dari Pulau Jawa’. Tak hanya menampilkan seni peran, tetapi juga dikolaborasikan dengan musik, tari dan nyanyian. Pertunjukan ini akan dipentaskan di 8 kota dan mulai berlangsung sejak tanggal 12 April 2016 .

“Sebagai kelompok teater yang telah lama berkiprah di dalam maupun luar negeri, Teater Keliling selalu memberikan penampilan yang unik. Dalam program ini Teater Keliling juga mengadakan workshop teater dan memberikan kesempatan agar penonton di daerah dapat berkolaborasi dalam pementasan. Hal ini bertujuan agar penonton bisa melebur dengan pertunjukan, sehingga nilai yang ingin disampaikan lebih mengena kepada hati penonton terutama generasi muda sebagai penerus bangsa,” ujar Renitasari Adrian, Program Director Bakti Budaya Djarum Foundation, saat diwawancarai Rabu (20/4/2106).

Jas Merah dari Pulau Jawa menceritakan reuni tiga anak muda, yaitu Komer, Koor dan Patty yang sudah lama tidak berjumpa. Mereka saling memamerkan gaya hidup masing-masing. Komer yang haus dengan konsumerisme Barat, Koor yang kaya raya dengan hasil korupsi dan Patty yang selalu berkoar seakan menghina bangsa sendiri tapi tidak berbuat apapun untuk memperbaiki bangsa ini.

Kesombongan ketiganya memunculkan tiga pahlawan dari Jawa yang secara imajiner muncul untuk mempertanyakan arti dari pengorbanan mereka untuk kemerdekaan. Keadaan ibu pertiwi yang saat ini sedang sekarat karena ulah generasi bangsanya membuat ketiga anak muda itu sadar untuk berbuat sesuatu dalam mengisi kemerdekaan.

“Senang sekali kami bisa mendapat kesempatan untuk mementaskan Jas Merah dari Pulau Jawa di 8 kota di Indonesia. Kami berharap penonton yang menyaksikan dapat menikmati dan mengambil nilai positif dari pementasan yang kami sajikan. Selain itu, tentunya harapan dari Teater Keliling agar melalui teater, generasi  muda dapat lebih mencintai tanah air dan membesarkan bangsa,” ujar Ketua Yayasan Teater Keliling, Dofry Inda Suri.

Jangan lewatkan rangkaian acara Teater Keliling tanggal 22 April 2016 di Gedung C Lt.3 Auditorium Universitas Pekalongan, 25 April 2016 di Pusat Studi Bahasa Jepang FIB Universitas Padjadjaran, Jatinangor. Dan rangkaian terakhir tuur pada tanggal 26 April 2016 di Aula Barat Institut Teknologi Bandung. (Ulfa Gusti, @ulfagusti)

 

Related posts

Komentar

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.

Situs ini menggunakan Akismet untuk mengurangi spam. Pelajari bagaimana data komentar Anda diproses.