Senin, 18 Oktober 21

Jangan Tanam Kebencian Kepada Zikir dan Dakwah

Jangan Tanam Kebencian Kepada Zikir dan Dakwah
* Teuku Gandawan.

Sebagian dari kita saking besarnya hasrat untuk menolak dakwah, menggugat apakah ada dasar hukum zikir di tempat tertentu yang menurut mereka tak ada tuntunannya dari Rasulullah.

Baiklah jika demikian, izinkan saya bertanya kepada para penolak dakwah zaman now. Kamu itu pakai celana jeans ada dalilnya? Baju t-shirt itu mengacu kepada apa? Kenapa kamu berani naik mobil yang tak ada dalilnya? Perusahaanmu itu sudah berdiri sejak zaman Rasulullah sehingga kau yakin halalnya? Buang saja hape modernmu itu, sampai bongkok kau tak akan ketemu dalilnya. Masih perlukah diteruskan sejuta tanya atas perilakumu hari ini yang tak ada dalil sakleknya?

Cara sederhana mengadopsi zaman adalah melihat esensinya dan mencari adakah dalil yang melarangnya.

Makan daging babi walau ketika dipotong dengan bismillah dan dimakan di masjid, tetap haram. Karena makan daging babi itu haram. Berpakaian dengan menutup aurat itu perintah, tidak masalah model bajunya kekinian, yang penting jangan barang haram bahannya dan barang haram asal usulnya, serta tak ditujukan untuk menunjukkan kesombongan atas kekayaan.

Zikir dan ceramah oleh para ustadz di kawasan Monas bukan sesuatu yang mengada-ada, karena zikir dan mendengar nasihat diperintahkan oleh Rasulullah. Jika tempatnya yang dipandang olehmu sebagai seolah persoalan, maka keluarlah segera dari rumahmu karena bentuk rumahmu pun mengada-ada. Tak pernah Rasulullah menyuruh tinggal di rumah yang demikian bentuk dan harganya.

Bertafakurlah dengan segala prasangkamu, jangan jauhkan hati dan berpaling dari kebaikan. Kenapa hatimu jadi benci dengan zikir di Monas tapi bersuka cita dengan kembang api dan karnaval di tempat yang sama? Berbenahlah, jangan tanam kebencian kepada zikir dan dakwah jika engkau masih menyebut dirimu seorang muslim. (Teuku Gandawan, Alumni ITB)

 

Related posts

Komentar

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Situs ini menggunakan Akismet untuk mengurangi spam. Pelajari bagaimana data komentar Anda diproses.