Kamis, 1 Oktober 20

Jangan Minum Kopi dan Teh Saat Sahur

Jangan Minum Kopi dan Teh Saat Sahur
* Ilustrasi - minum

Bagi yang menjalankan ibadah puasa selama Ramadhan perlu diingat jika ingin tetap kuat dan fit pada waktu jam puasa, disarankan jangan minum kopi dan teh saat sahur. Pasalnya, minum kopi dan teh bisa memicu rasa haus dan lapar saat siang hari, asam lambung pun bisa naik.

Apalagi, bagi yang terbiasa minum  minum kopi atau teh yang terlalu kental, bisa memicu sering buang air kecil sehingga tubuh akan kehilangan garam dan mineral. Dan selama anda puasa tidak ada cairan pengganti yang masuk ke tubuh, hal ini bisa menyebabkan dehidrasi karena sifat kafein menyerap air dalam tubuh.

Selama berpuasa dianjurkan untuk minum air putih secukupnya, minum jus buah sangat bagus karena kaya akan gizi dan vitamin. Hindari minum kopi atau teh sehabis makan sahur! Saat sahur dianjurkan untuk mengonsumsi makanan yang lambat dicerna oleh tubuh tapi mengandung tinggi gizi dan kaya protein seperti sayuran dan buah-buahan.

Selain tidak minum kopi dan teh, saat sahur sebaiknya juga hindari gorengan karena sifatnya menarik air sehingga menyebabkan Anda mudah haus.

Di saat sahur, sebaiknya seseorang harus lebih banyak mengkonsumsi air putih untuk menjaga tubuh terhindar dehidrasi di saat menjalankan puasa lebih dari 13 jam.

Minuman yang disarankan dapat dikonsumsi saat sahur bisa air putih, jus buah, atau susu. Sebab, minuman-minuman tersebut lebih bergizi dan membantu menahan lapar lebih lama. Jus buah juga sangat bagus karena asupan buah mengandung gula alami tidak dicampur dengan pemanis buatan dan tidak berlebihan. (*/Red)

Related posts

Komentar

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.