Minggu, 16 Mei 21

Jangan Minum Kopi dan Teh Saat Sahur!

Jangan Minum Kopi dan Teh Saat Sahur!
* Ilustrasi. Foto: Hello Sehat

Tidak semua makanan bagus atau cocok untuk bersantap sahur atau berbuka puasa. Ada sederet makanan dan minuman yang sebaiknya tidak dikonsumsi saat sahur karena bukannya menyehatkan tetapi justru menyebabkan puasa terganggu, salah satunya minuman mengandung kafein antara lain kopi dan teh.

“Kopi sebaiknya sesudah berbuka, karena kopi ini sifatnya diuretik menyebabkan kita lebih banyak buang air kecil. Biasanya tubuh akan kurang cairan, ini sulit kalau sedang berpuasa,” kata dokter spesialis gizi dari Rumah Sakit Pondok Indah-Puri Indah, Raissa E Djuanda dalam diskusi via daring.

Minuman mengandung kafein juga bisa mengarah pada insomnia dan kegelisahan. Di sisi lain, saat sahur sebaiknya jangan mengonsumsi makanan mengandung karbohidrat sederhana atau olahan seperti kue kering, croissant, yang mengandung tinggi gula, tepung terigu.

Menurut para ahli diet klinis dari Burjeel Hospital Abu Dhabi, Rahma Ali makanan mengandung karbohidrat sederhana ini hanya bertahan tiga hingga empat jam saja dan rendah nutrisi.

Selain itu, sebaiknya hindari makanan asin. Ketidakseimbangan kadar natrium dalam tubuh bisa membuat Anda sangat haus saat berpuasa jadi cobalah untuk menghindari makanan seperti kacang asin, keripik.

“Penting selama bulan Ramadhan untuk berbuka puasa dan sahur dengan diet seimbang yang memastikan kebutuhan nutrisi penting tubuh Anda terpenuhi. Ini termasuk natrium dan kalium yang hilang karena berkeringat, terutama selama musim panas,” kata Ali seperti dilansir Arabian Gazette.

Makanan untuk sahur

Sebaliknya, saat sahur sebaiknya konsumsi makanan kaya protein seperti telur karena tidak hanya membantu Anda untuk tetap kenyang, tetapi juga bisa divariasikan sesuai dengan selera.

Selain itu, makanlah hidangan kaya serat. Serat larut berubah menjadi gel di perut dan memperlambat pencernaan, yang membantu menurunkan kolesterol dan glukosa darah dan ini sempurna untuk membuat Anda tetap berenergi sepanjang berpuasa.

Terakhir, cobalah memilih makanan mengandung kalsium dan vitamin. Produk-produk susu adalah sumber nutrisi yang baik. Pilih smoothie yoghurt atau pilih vanilla dan milk shake madu agar tetap penuh dan terhidrasi sepanjang hari. (Indonesiainside/Red)

Related posts

Komentar

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.