Minggu, 29 Mei 22

Jangan Dibuang! Makan Kulit Semangka Bagus untuk Kesehatan dan Kecantikan

Jangan Dibuang! Makan Kulit Semangka Bagus untuk Kesehatan dan Kecantikan
* Kulit semangka. (Foto: shutterstock)

Hendaknya makan semangka jangan dibuang kulitnya. Ternyata, kulit semangka bermanfaat untuk kesehatan dan kecantikan yang menakjubkan!

Sayangnya, banyak orang usai makan semangka pasti membuang kulitnya. Padahal, kulit semangka juga mengandung banyak manfaat.

Manfaat kulit semangka memang masih jarang diketahui. Mengonsumsi kulit semangkan mungkin akan dipandang aneh oleh banyak orang. Padahal manfaat kulit semangka untuk kesehatan tak kalah dibandingkan daging buahnya.

Kulit semangka memang tak begitu mengandung banyak air sebagaimana buahnya. Bagian putih pada kulit semangka ini masih bisa dimakan dan juga menyegarkan. Setiap 2,5 cm kulit semangka mengandung 1,8 kalori. Dalam jumlah kecil, manfaat kulit semangka mengandung vitamin C sebanyak 2 persen dari kebutuhan vitamin C harian.

Manfaat kulit semangka disebut sangat baik untuk kesehatan kulit dan sistem saraf manusia. Lantas apa saja manfaat kulit semangka untuk kesehatan dan kecantikan? Dilansir dream.co.id, berikut penjelasan manfaat kulit semangka.

Manfaat Kulit Semangka untuk Kesehatan
1. Menyehatkan Saluran Pencernaan
Manfaat kulit semangka untuk kesehatan yang pertama adalah bisa menyehatkan saluran pencernaan. Salah satu kandungan kulit semangka adalah serat yang baik bagi pencernaan.

Saluran cerna yang baik akan menghindarkan kamu dari berbagai gangguan pencernaan, seperti diare, konstipasi, hingga kanker usus. Mengonsumsi serat yang cukup akan menurunkan kadar kolesterol dan gula dalam darah.

Bagian putih pada kulit semangka sangat cocok bagi kamu yang sedang program diet, karena menghasilkan efek kenyang lebih lama.

2. Meningkatkan Sistem Kekebalan Tubuh
Manfaat kulit semangka terbukti bisa meningkatkan daya tahan tubuh. Dilansir dari jurnal Nutriens yang dikutip oleh SehatQ, manfaat kulit semangka didapat karena kandungan vitamin C di dalamnya yang mampu melindungi tubuh dari radikal bebas. Akibatnya tubuh tidak mudah sakit.

Vitamin C akan merangsang produksi sel darah putih yang berperan untuk melawan infeksi dan pathogen asing. Vitamin C juga berperan sebagai antioksidan untuk menangkal radikal bebas penyebab berbagai penyakit.

3. Menurunkan Hipertensi
Manfaat kulit semangka yang sama dengan daging buahnya adalah mampu menurunkan tekanan darah. Manfaat ini datang dari kandungan citrulline yang dapat menurunkan tekanan darah pada penderita hipertensi.

Maka dari itu bagi penderita darah rendah, dilarang mengonsumsi banyak semangka, karena bisa menyebabkan badan lemas dan pusing.

4. Menambah Stamina
Manfaat kulit semangka yang tak kalah penting dibandingkan daging buahnya adalah bisa meningkatkan stamina tubuh. Kandungan citrulline pada kulit semangka berkhasiat meningkatkan stamina. Sehingga kamu bisa bekerja dan berolahraga lebih lama.

Citrulline juga mampu memicu pembesaran pembuluh darah sehingga dapat meningkatkan sirkulasi darah dalam tubuh. Kemudian darah pun bisa menyebarkan oksigen ke seluruh tubuh dengan lancar. Jika oksigen tersalurkan ke seluruh bagian tubuh dengan lancar maka akan membuat tubuhmu tidak mudah lelah dan tetap semangat beraktivitas.

6. Memicu Libido pada Pria
Menurut sebuah penelitian, manfaat kulit semangka bisa mengatasi masalah ereksi tingkat ringan pada pria. Kandungan asam citrulline pada kulit semangka terbukti bisa meningkatkan libido. Fungsi ini hampir sama dengan obat kejantanan pria. Manfaat yang satu ini bisa kamu jadikan sebagai obat kuat yang alami tanpa efek samping.

Manfaat Kulit Semangka untuk Kecantikan
1. Menyehatkan Kulit
Tak hanya untuk kesehatan, manfaat kulit semangka juga berkhasiat untuk kencantikan kulit. Kandungan likopen, flavonoid, dan antioksidan pada kulit semangka bisa menurunkan efek radikal bebas dan stress oksidatif.

Kandungan tersebut juga bisa meminimalkan munculnya noda, bintik hitam, dan kerutan akibat tanda penuaan dini.

2. Memicu Pertumbuhan Rambut
Manfaat kulit semangka untuk kecantikan yang lainnya adalah bisa memicu pertumbuhan rambut. Kandungan asam amino pada kulit semangka memiliki peran penting membantu melancarkan sirkulasi darah ke kepala.

Sementara itu kandungan citrulline yang banyak juga bisa meningkatkan kadar arginin. Dengan begitu kulit semangka berperan baik untuk meningkatkan pertumbuhan rambut.

3. Cegah Kerontokan Rambut
Rambut rontok merupakan masalah yang sangat mengganggu penampilan. Rupanya manfaat kulit semangka bisa mengatasi masalah kerontokan rambut. Kulit semangka mengandung vitamin C yang membantu tubuh menggunakan zat besi non-heme.

Hal ini akan memastikan sel darah merah mengandung banyak zat besi untuk membawa oksigen ke folikel rambut.

Cara Tepat Mengonsumsi Kulit Semangka
Mengonsumsi kulit semangka pelru dilakukan dengan tepat agar kamu menikmatinya dan mendapatkan nutrisi di dalamnya. Cara terbaik untuk mendapatkan manfaat kulit semangka adalah dengan mengonsumsinya secara langsung. Namun jika ingin mencoba yang lain, kamu bisa mengolahnya menjadi beberapa menu di bawah ini.

– Kulit semangka dibuat jus. Blender kulit semangka kemudian saring airnya. Tambahkan perasan jeruk nipis, soda atau susu agar semakin nikmat.
– Kulit semangka juga bisa dibuat acar, karena teskturnya mirip dengan timun.
– Kulit semangka juga bisa ditumis dan dicampur dengan sayuran lain.

Manfaat kulit semangka memang besar. Akan tetapi ternyata manfaat ini masih membutuhkan penelitian lebih lanjut. Alangkah baiknya kamu mengonsumsi kulit semangka sewajarnya saja. (Dream/Red)

Related posts

Komentar

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.

Situs ini menggunakan Akismet untuk mengurangi spam. Pelajari bagaimana data komentar Anda diproses.