Jumat, 27 Mei 22

Jambore Mahasiswa di Cibubur Bukan Pramuka?

Jambore Mahasiswa di Cibubur Bukan Pramuka?
* Ketua Kwartir Nasional Gerakan Pramuka Adhyaksa Dault.

Jakarta, Obsessionnews.com – Kurang lebih 3.000 mahasiswa mengikuti acara Jambore Nasional Mahasiswa di Bumi Perkemahan Cibubur, Jakarta Timur, 4-6 Februari 2017.  Jambore dimaksudkan untuk menyamakan persepsi mengenai kebhinnekaan di Indonesia dan peneguhan komitmen untuk menjaga dan menjalankan ideologi Pancasila.‎

Acara tersebut juga sempat dihadiri oleh ‎‎Menteri Pertanian Amran Sulaiman dan Menteri Komunikasi dan Informatika Rudiantara. Namun, belakangan Jambore mendapat kecaman dari pihak Partai Demokrat, karena dalam acara tersebut ada agitasi yang meminta SBY ditangkap.

Mengetahui ada sejumlah kekisruhan dalam pelaksanaan Jambore Mahasiswa, Ketua Kwartir Nasional Gerakan Pramuka Adhyaksa Dault menegaskan, bahwa kegiatan Jambore di Cibubur tidak ada kaitannya dengan Pramuka.

Berikut pernyataan sikap Adhyaksa mewakili Kwarnas, seperti yang dikutip di Web pramuka.or.id‎ :

‎KETERANGAN KWARTIR NASIONAL GERAKAN PRAMUKA TENTANG PELAKSANAAN KEGIATAN DI BUMI PERKEMAHAN CIBUBUR

Assalamualaikum Wr.Wb. Salam Pramuka. Terkait adanya pemberitaan di beberapa media tentang “Kekisruhan Jambore Nasional Mahasiswa di Bumi Perkemahan Cibubur”, maka dengan hormat Kwartir Nasional Gerakan Pramuka perlu memberikan keterangan sebagai berikut:

Pertama, bahwa kegiatan tersebut bukan kegiatan kepramukaan dan bukan kegiatan yang diadakan oleh Gerakan Pramuka, meskipun menggunakan istilah yang terkait dengan kepramukaan, yaitu kata “Jambore”. Gerakan Pramuka tidak terkait apapun terhadap kegiatan tersebut atau isu yang diusung dari kegiatan tersebut.

Kedua, Bumi Perkemahan Cibubur adalah unit usaha yang memang disediakan seluas-luasnya untuk kepentingan bersama, kedalam maupun keluar secara profesional.

Demikian penjelasan dari Kwartir Nasional Gerakan Pramuka. Terima kasih kami haturkan atas kerjasamanya. Wassalamualaikum Wr.Wb. Salam Pramuka

Jakarta, 6 Februari 2017
Ketua Kwartir Nasional Gerakan Pramuka,
Dr. Adhyaksa Dault, SH, M.Si.‎

(Albar)

Related posts

Komentar

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.

Situs ini menggunakan Akismet untuk mengurangi spam. Pelajari bagaimana data komentar Anda diproses.