Minggu, 17 Oktober 21

Jalan Tol Trans Kalimantan Ditargetkan Rampung 2018

Jalan Tol Trans Kalimantan Ditargetkan Rampung 2018
* Presiden jokowi di Samarinda, Kalimantan Timur.

Balikpapan, Obsessionnews – Presiden Jokowi mengakui Proyek Pembangunan Jalan Tol Balikpapan-Samarinda atau yang disebut Trans-Kalimantan masih terkendala masalah pembebasan lahan warga.

Padahal, Jalan Tol Balikpapan-Samarinda dengan panjang jalan 99,2 km merupakan ruas tol pertama di Kalimantan yang diharapkan sudah bisa digunakan pada 2018.

“Pembebasan lahan total sudah selesai 85 persen, jadi kurang sedikit tapi kita kerja sambil kejar-kejaran. Pembebasan lahan kejar-kejaran dengan konstruksi,” ujar Jokowi saat meninjau lokasi tol di Desa Karangjoang, Kecamatan Balikpapan Utara, Kamis (24/3/2016).

Jokowi mengatakan tujuan peninjauan untuk memastikan proyek ini sudah berjalan dengan baik. Proyek ini sempat berhenti tahun 2010 namun oleh Presiden Jokowi kembali dilanjutkan pada 2015 dengan posisi konstruksi sudah mencapai 7,6 km

“Makanya saya ke lapangan karena itu pasti saya akan dengar kesulitannya yang ada di lapangan dan itu yang kita selesaikan,” kata Presiden.

Presiden mengungkapkan bahwa pada setiap proyek infrastruktur baik itu infrastruktur industri, jalur kereta api maupun jalan tol masalah utamanya adalah pada pembebasan lahan. Akan tetapi dengan berbagai terobosan yang dilakukan Presiden pun bisa mencarikan jalan keluarnya.

“Kalau kita lihat lapanganya sebetulnya hal-hal yang gak sulit-sulit amat tapi kalau gak diselesaikan secara detil ya ga rampung-rampung,” pungkas Jokowi.

Jalan Tol Balikpapan-Samarinda memakan anggaran Rp 13,1 triliun bersumber dari APBD, APBN dan dana investasi. Keberadaan tol ini diperkirakan akan memangkas waktu Balikpapan-Samarinda yang semula 2,5-3 jam dapat menjadi 1 jam.

Jalan Tol Balikpapan-Samarinda terbagi dalam 5 seksi pekerjaan yakni Seksi I dengan ruas Km 13 Balikpapan-Samboja, Seksi II dengan ruas Samboja-Palaran I, Seksi III dengan ruas Samboja-Palaran II, Seksi IV dengan ruas Palaran-Jembatan Mahkota dan Seksi V dengan ruas Balikpapan-Sepinggan. (Has)

Related posts

Komentar

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Situs ini menggunakan Akismet untuk mengurangi spam. Pelajari bagaimana data komentar Anda diproses.