Jumat, 22 Oktober 21

Jalan Tol Gempol-Pasuruan Bakal Miliki 4 Gerbang Tol

Jalan Tol Gempol-Pasuruan Bakal Miliki 4 Gerbang Tol
* Jalan Tol Gempol-Pasuruan. (Dok: PT Jasa Marga)

Jakarta, Obsessionnews.com – Presiden Joko Widodo (Jokowi) telah meresmikan Jalan Tol Gempol-Pasuruan (GP) Seksi II (Rembang-Pasuruan) sepanjang 6,6 Km, Jumat (22/6/2018).

“Pada sore hari ini, Tol Gempol-Pasuruan (Seksi II) sepanjang 6,6 Km saya nyatakan resmi dibuka,” ujar Jokowi dalam siaran pers PT Jasa Marga.

Jalan Tol GP memiliki total panjang 34,15 Km, yang dibagi menjadi tiga Seksi. Seksi I Paket A1 sepanjang 6,8 Km (Gempol Junction-Bangil) dan Seksi I Paket A2 sepanjang 7,1 Km (Bangil-Rembang) telah beroperasi pada tahun 2017.

Sedangkan Seksi III (Pasuruan – Grati), yang antara lain terdiri dari seksi IIIA sepanjang 4,5 Km (Pasuruan-Karang Pandan), Seksi IIIB sepanjang 6 Km (Karang Pandan-Rejoso), dan Seksi IIIC sepanjang 3,15 (Rejoso-Grati) masih dalam proses konstruksi.

Jika sudah rampung seluruhnya, jalan tol yang menghubungkan daerah Gempol dan Kota Pasuruan ini akan dilengkapi dengan empat Gerbang Tol (GT), yakni GT Bangil, GT Rembang, GT Pasuruan, dan GT Grati.

Jalan Tol GP ini dikelola oleh anak usaha Jasa Marga, Jasamarga Gempol Pasuruan (JGP) dan ini tergabung ke dalam proyek Jalan Tol Trans Jawa. Jalan Tol GP menjadi bagian dari akses penghubung antar kota utama di Jawa Timur, yakni Surabaya-Banyuwangi.

Ruas Jalan Tol GP memiliki nilai strategis bagi kelancaran arus transportasi barang dan jasa, serta diharapkan dapat memacu pertumbuhan ekonomi di Pulau Jawa. Sebelumnya jalan tol ini menjadi jalan tol fungsional saat pelaksanaan arus mudik dan balik Lebaran 2018 lalu. (Popi)

Related posts

Komentar

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Situs ini menggunakan Akismet untuk mengurangi spam. Pelajari bagaimana data komentar Anda diproses.