Minggu, 25 Agustus 19

Jalan Tol Ciledug – Ulujami Diresmikan

Jalan Tol Ciledug – Ulujami Diresmikan

Jakarta – Jalan tol Jakarta Outer Ringroad (JORR) W2 Utara yang menghubungkan Ciledug – Ulujami sepanjang 2,14 kilometer (KM), hari ini, Senin (21/7) diresmikan pengoperasiannya oleh Menteri Pekerjaan Umum (PU) Djoko Kirmanto.

Jalan Tol JORR W2 utara terdiri dari dua seksi, yakni Kebon Jeruk – Joglo dan seksi Joglo – Ulujami. Untuk Jalan Tol JORR seksi 1 dan sebagian seksi 2 telah terlebih dahulu diresmikan pada Desember tahun lalu.

“Meskipun Segmen Ciledug – Ulujami hanya sepanjang 2,14 km, namun segmen ini mempunyai peranan yang sangat penting, karena dengan selesainya pembangunaan ini maka akan melengkapi JORR dari rorotan di kawasan timur Jakarta sampai dengan Penjaringan sehingga dapat langsung menuju Bandara Soekarno-Hatta,” tutur Djoko dalam sambutan peresmian Jalan Tol JORR W2 Utara, Senin (21/7).

Djoko menambahkan, Jalan Tol JORR merupakan bagian dari jaringan jalan di Jabodetabek yang menghubungkan beberapa ruas jalan Tol, yaitu jalan Tol Jakarta – Cikampek, jalan Tol Jagorawi, Jalan Tol Jakarta – Tangerang, dan jalan Tol Soedyatmo, serta jalan Tol Dalam Kota Jakarta.

“Dengan beroperasinya Tol JORR W2 utara secara keseluruhan, kami yakin jalan Tol ini akan memberikan kontribusi yang cukup besar dalam mengurangi kepadatan lalu lintas pada jalan yang telah ada, khususnya jalan Tol Dalam Kota Jakarta, karena para pengguna jalan dapat menuju Bekasi, Bogor, Tangerang dan Bandara Soekarno-Hatta tanpa harus melewati Tol Dalam Kota Jakarta,” ujarnya.

Direktur Utama PT Marga Lingkar Jakarta, Subakti Syukur menyampaikan bahwa proyek Jalan Tol JORR W2 Utara tersebut, walau sempat terhambat proses pembebasan lahan, namun pada akhirnya pembangunan Tol tersebut dapat diselesaikan lebih cepat dari yang direncanakan.

“Kendala di lapangan, pembebasaan jalan terpisah-pisah dan Hujan yang terus menerus. Tapi Alhamdulillah pengerjaan lebih cepat 4 bulan. Tujuan percepatann pembangunan ini dengan maksud mengurai kemacetan di dalam kota jakarta,” kata Subakti.

Subakti mengungkap, jalan Tol JORR W2 tersebut telah dilengkapi dengan gerbang Tol otomatis. Hal itu dilakukan dalam rangka memberikan pelayanan bagi pengguna jalan Tol.

“Kami bekerjasama dengan Bank Mandiri bahwa kami melengkapi sebanyak 60 persen ruas toll ini dengan gardu otomatis E-tol card,” tukas dia.

Jalan Tol JORR W2 Utara dengan total panjang 7,87 km yang menelan investasi hingga Rp 2,2 triliun tersebut dibangun melalui skema pembiayaan Privat Public Parthnership (PPP) / Kerjasama Pemerintah Swasta (KPS).

Badan Usaha Jalan Tol (BUJT) dari Tol JORR W2 adalah PT Marga Lingkar Jakarta yang merupakan salah satu perwujudan dari Kerjasama Pemerintah Pusat dengan Provinsi DKI Jakarta dengan komposisi saham PT Marga Lingkar Jakarta dimiliki oleh BUMN dan BUMD yaitu PT Jasa Marga (Persero) Tbk sebesar 65 persen dan PT Jakarta Marga Jaya sebesar 35 persen. (Ipot)

Related posts

Komentar

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.