Kamis, 26 Mei 22

Jalan Pahlawan dan Mayjend Soetoyo Kota Kebumen Akan Dibuat Satu Arah

Jalan Pahlawan dan Mayjend Soetoyo Kota Kebumen Akan Dibuat Satu Arah
* Bupati Kebumen Arif Sugiyanto usai shalat tarawih di Masjid Nurul Hidayah, Panjer. (Foto: Haiz)

Kebumen, Obsessionnews.com – Untuk mengurangi kepadatan kendaraan, dan pengembangan ekonomi, pemerintah Kabupaten Kebumen berencana memberlakukan sistem satu arah di sejumlah jalan protokol dalam kota.

Hal ini disampaikan langsung oleh Bupati Kebumen Arif Sugiyanto. Ia mengatakan, ada beberapa jalan yang dianggap perlu dialihkan menjadi satu jalur atau satu arah, yakni jalan Pahlawan dari Tugu Lawet, Rita Pasaraya sampai alun-alun Kebumen.

Kemudian, Jalan Mayjend Soetoyo dari Pendopo Rumah Dinas Bupati sampai Koplak Dokar juga akan diberlakukan satu arah. Rencana ini akan segera disimulasikan, sekaligus sosialisasi ke masyarakat agar bisa tersampaikan informasinya dengan baik.

“Tujuan dari pemberlakuan satu jalur ini adalah untuk pemecahan dan pengembangan kota. Harapan kami ke depan akan tumbuh sentra ekonomi di sekitar jalan tersebut. Setelah simulasinya berhasil jalan tengah akan kita angkat,” ujar Arif usai shalat Tarawih bersama di Masjid Nurul Hidayah, Panjer (23/4/2021).

Kemudian untuk mendukung itu, lampu penerangan jalan di pusat kota Kebumen juga akan diganti dengan tenaga surya. Dimana rencanaya peralatannya akan dibuat langsung oleh anak-anak muda Kebumen dari tingkat SMA atau SMK. Mereka akan diberikan pelatihan lebih dulu.

“Kalau penerapan satu arah jalan protokol simulasinya minggu ini. Untuk lampu penerangan tenaga surya akan diberlakukan bertahap,” ucapnya.

Seperti rencana awal, nantinya setelah diganti tenaga surya, lampu penerang di kota akan dialihkan ke desa-desa yang jalannya masih banyak yang gelap, terutama wilayah pegunungan. Untuk di kota sendiri, pihaknya akan fokus pada pada konsep go green. (Albar)

Related posts

Komentar

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.

Situs ini menggunakan Akismet untuk mengurangi spam. Pelajari bagaimana data komentar Anda diproses.