Senin, 20 September 21

Jalan Cikapundung Diganti Jadi Jalan Sukarno

Jalan Cikapundung Diganti Jadi Jalan Sukarno

Bandung, Obsessionnews – Bertepatan dengan Hari Pahlawan Nasional tanggal 10 November 2015, Wali Kota Bandung Ridwan Kamil secara resmi mengubah nama Jalan Cikapundung Timur di samping Gedung Merdeka menjadi Jalan Dr Ir Sukarno.

Perubahan nama tersebut disaksikan putra Bung Karno, Guruh Sukarnoputra, bersama keluarga dan Menko Bidang Maritim dan Sumber Daya, Rizal Ramli. Walaupun sempat diguyur hujan deras acara berlangsung sukses.

Ridwan Kamil serta Guruh Sukarnoputra pun melakukan pengguntingan pita bunga sebagai tanda peresmian nama jalan. Orang nomor satu di Bandung tersebut mengatakan alasan diubahnya penamaan jalan karena berbagai macam pertimbangan.

Salah satunya adalah menghormati tokoh proklamator dan pengonsep Indonesia, Sukarno. Ia menambahkan  Jalan Cikapundung Timur diubah menjadi Jalan Sukarno karena memiliki keistimewaan, salah satunya jalan tersebut bermuara pada jalan Asia Afrika.

“Dia bermuara di Jalan Asia Afrika, jalan raya pertama di Kota Bandung,” ujarnya, Selasa (10/11).

ganti jalan2

Selain itu jalan Cikapundung Timur berdampingan dengan gedung Merdeka yang mengantarkan Bandung sebagai Ibu Kota Asia Afrika. Sedangkan sungai Cikapundung sebagai sungai ibunya Kota Bandung.

“Dengan alasan itulah jalan yang terbaik yang dapat  diberikan kepada putra terbaik Indonesia,” ungkapnya.

Setelah meresmikan perubahan nama jalan Ridwan Kamil, Guruh Sukarno Putra beserta tamu undangan berjalan kaki ke situs penjara Banceuy. Rombongan diajak untuk menjadi saksi sejarah tempat dimana Presiden Pertama Republik Indonesia itu pernah dipenjara.

ganti jalan3

Dengan kondisi situs penjara yang sudah direvitalisasi Ridwan Kamil yang juga sebagai duta yayasan Bung Karno, menegaskan, renovasi situs Banceuy merupakan aksi udunan (urunan. red) dari mereka yang cinta sejarah Bung Karno.

“Di sini kapasitas saya bukan sebagai Wali Kota Bandung, hanya sebagai warga biasa yang ditugaskan yayasan untuk merawat situs ini,” ungkapnya.

Sementara itu Guruh Sukarnoputra mengucapkan terima kasih kepada Pemerintah Kota Bandung dan warganya atas perubahan nama jalan tersebut.

Ia mengungkapkan, penamaan jalan Sukarno sering disandingkan dengan nama Bung Hatta. Menurutnya, banyak orang menyangka Sukarno Hatta adalah adalah nama satu orang. Guruh berharap masyarakat lebih mengenal lagi sejarah Bung Karno.

“Dengan adanya Jalan Sukarno, saya berharap generasi muda saat ini dapat mengetahui sejarah dari Bung Karno,” pungkasnya. (Dudy Supriyadi)

Related posts

Komentar

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Situs ini menggunakan Akismet untuk mengurangi spam. Pelajari bagaimana data komentar Anda diproses.