Sabtu, 20 April 24

Jaksa yang Bertemu Djoko Tjandra di Luar Negeri Dicopot dari Jabatannya

Jaksa yang Bertemu Djoko Tjandra di Luar Negeri Dicopot dari Jabatannya
* Djoko Tjandra. (Foto: KOMPAS/Ign Haryanto)

Jakarta, Obsessionnews.com – Kejaksaan Agung (Kejagung) resmi mencopot Jaksa Pinangki Sirna Malasari dari jabatannya selaku Kepala Sub Bagian Pemantauan dan Evaluasi II pada Biro Perencanaan Jaksa Agung Muda Pembinaan (Jambin).

Pinangki dicopot dari jabatannya lantaran dia diduga melanggar disiplin pegawai negeri sipil (PNS).

“Untuk menegakkan disiplin perlu menjatuhkan hukuman disiplin yang setimpal dengan pelanggaran disiplin yang dilakukan,” ujar Kepala Pusat Penegakan Hukum (Kapuspenkum) Kejagung Hari Setiyono dalam keterangannya, Rabu (29/7/2020).

Pencopotan tersebut berdasarkan Surat Keputusan Wakil Jaksa Agung Setia Untung Arimuladi No:KEP-IV-041/B/WJA/07/2020 tanggal 29 Juli 2020 tentang Penjatuhan Hukuman Disiplin (PHD) Tingkat Berat sebagaimana diatur dalam PP No:53 Tahun 2010 tentang Disiplin Pegawai Negeri Sipil pasal 7 ayat (4) huruf c.

Menurut Hari, pelanggaran disiplin yang dilakukan karena diduga menemui buronan terpidana Djoko Tjandra di Singapura dan Malaysia. Ia bepergian ke luar negeri tanpa seizin pimpinan, dan menurut klarifikasi yang dilakukan bidang Pengawasan Kejagung, Pinangki bolos ke luar negeri sebanyak 9 kali pada 2019.

“Bidang Pengawasan pada Jaksa Agung Muda Pengawasan (Jamwas) Kejaksaan Agung melakukan klarifikasi terhadap adanya foto seorang Jaksa perempuan yang bernama Pinangki Sirna Malasari dengan Anita Kolopaking dan seorang laki-laki yang diduga buronan terpidana Djoko Soegiarto Tjandra,” ungkapnya.

Hari menambahkan, foto tersebut sempat viral di media sosial (medsos) dan adanya laporan ke Kejagung. “Hasil klarifikasi itu ternyata ditemukan adanya bukti permulaan pelanggaran disiplin oleh terlapor sehingga ditingkatkan pemeriksaannya menjadi inspeksi kasus,” ujarnya. (Poy)

Related posts

Komentar

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Situs ini menggunakan Akismet untuk mengurangi spam. Pelajari bagaimana data komentar Anda diproses.