Senin, 23 Mei 22

Jaksa Senior Korsel Ditangkap Karena Korupsi

Jaksa Senior Korsel Ditangkap Karena Korupsi
* Media Korsel melaporkan kasus Kyung Joon sebagai contoh dari korupsi yang meluas di kalangan politikus dan pengusaha. (BBC)

Seoul – Seorang jaksa senior Korea Selatan (Kortsel) ditangkap dalam dakwaan korupsi setelah meraih keuntungan jutaan dolar dari transaksi saham dengan memanfaatkan posisinya.

Seperti dilansir BBC, Jin Kyung Joon dituduh meminjam uang dari pemilik perusahaan permainan komputer, Nexon Korea, untuk membeli saham di perusahaan tersebut dan menjualnya kembali dengan harga dua kali lipat lebih.

Dia menggunakan uang pinjaman itu untuk membeli saham Nexon Jepang yang tidak dilepas ke bursa dan dijualnya ketika perusahaan masuk bursa dan meraih keuntungan lebih dari US$10 juta atau sekitar Rp130 miliar.

Media-media Korea Selatan melaporkan kasus ini sebagai contoh dari korupsi yang meluas di kalangan politikus dan pengusaha.

Menteri Kehakiman, Kim Hyun-woong, sudah meminta maaf atas skandal ini.

Tahun lalu, perdana menteri yang saat itu menjabat, Lee Wan Koo, bertekad untuk memberantas korupsi namun hanya beberapa bulan setelah berkuasa mengundurkan diri karena terlibat dalam skandal suap seorang pengusaha, yang kemudian bunuh diri.

Sung Wan-Jong -mantan pengusaha konstruksi yang bangkrut- mengatakan dia memberi uang kepada Lee sebelum bunuh diri.

Di kantong jenazah Sung, ditemukan daftar sejumlah orang, termasuk nama perdana menteri Lee. (BBC)

Related posts

Komentar

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.

Situs ini menggunakan Akismet untuk mengurangi spam. Pelajari bagaimana data komentar Anda diproses.