Jumat, 30 Oktober 20

Jaksa Agung Yakin Anak Buahnya Lolos Jadi Deputi Penindakan KPK

Jaksa Agung Yakin Anak Buahnya Lolos Jadi Deputi Penindakan KPK
* Jaksa Agung HM Prasetyo.

Jakarta, Obsessionnews.com – Jaksa Agung HM Prasetyo yakin dua anak buahnya lolos atau memenuhi kualifikasi untuk menjadi Deputi Penindakan Komisi Pemberantasan Korupsi (KPK) menggantikan Irjen Pol Heru Winarko yang kini menjabat Kepala Badan Narkotika Nasional (BNN).

“Kita optimis, jaksa punya kualifikasi untuk menjadi Deputi Penindakan KPK,” ujar Prasetyo di DPR, Rabu (28/3/2018).

Ada tiga nama yang lolos menjadi calon Deputi Penindakan KPK, satu dari Polri dan dua dari Kejaksaan Agung. Meski yakin, Prasetyo menyerahkan seluruh proses seleksinya kepada KPK. Menurutnya keinginan untuk menempatkan unsur Jaksa di posisi Deputi Penindakan KPK, bukan hanya keinginan Kejaksaan Agung, tetapi juga kebutuhan KPK.

“Itu terpulang pada KPK lah. Silakan saja. Bagi kita, bukan keinginan saja menempatkan unsur kita ke sana. Tetapi, kebutuhan bagi KPK,” kata Prasetyo

Ia berharap, jika nantinya yang terpilih dari unsur Kejaksaan, harus bekerja dengan sungguh-sungguh dan penuh totalitas. Sehingga, tindak pidana korupsi di Indonesia bisa diberantas secara bersama-sama.

“KPK leader-nya, Kejaksaan dan Polri saling bersinergi dan berintegrasi mencegah dalam memberantas korupsi,” ujar Prasetyo.

Sebelumnya, ada tiga nama calon Deputi Penindakan KPK yang dinyatakan lolos tahap seleksi tahap akhir. Ketiga nama tersebut adalah Kapolda Nusa Tenggara Barat (NTB) Brigjen Pol Firli, mantan Jaksa Penuntut Umum KPK Wisnu Baroto dan Kepala Kejaksaan Negeri Malang, Witono.

Ketiga calon sebelumnya telah mengikuti proses seleksi secara bertahap bersama-sama calon lain. Proses seleksi sendiri dilakukan oleh lembaga independen dibantu tim eksternal KPK yang terdiri dari pimpinan KPK.

Selanjutnya, usai mengikuti wawancara, tim seleksi akan berdiskusi untuk menentukan satu nama dari tiga calon yang dinyatakan lolos proses seleksi ini. (Albar)

Related posts

Komentar

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.